Ruang lingkup Ilmu Aktuaria Versi Dede Farhan Aulawi

BANDUNG - Jika kita bicara ilmu manajemen, teknik, kedokteran, dan lain – lain, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Tetapi ketika men...

BANDUNG - Jika kita bicara ilmu manajemen, teknik, kedokteran, dan lain – lain, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Tetapi ketika mendengar 'ilmu Aktuaria' bagi sebagian orang mungkin masih terasa asing karena istilah ini masih jarang terdengar. 

"Padahal prospek masa depan bagi orang yang ahli di bidang Akturia ini sangat prospektif," kata Pemerhati Aktuaria Dede Farhan Aulawi di Bandung, Minggu (11/12).

Hal tersebut ia sampaikan saat ditanya oleh beberapa kawan yang ingin mengetahui lebih jauh tentang ilmu Aktuaria ketika berkunjung ke kediamannya yang tidak jauh dari pintu tol Pasteur, kota Bandung. 

Bagi berbagai kalangan, Dede memang sering dipandang sebagai gudang ilmu yang mampu menjelaskan suatu disiplin ilmu secara gamblang dan jelas, karena diungkapkan dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh masyarakat awam.

Menurutnya, ilmu aktuaria (Actuarial science) adalah ilmu yang dipakai untuk menghitung dan menganalisis berbagai risiko ketidakpastian yang mungkin terjadi di masa depan. 

Ada beberapa bidang ilmu yang harus dikuasai bila ingin menjadi seorang profesional di bidang aktuaria, seperti matematika, statistik, ekonomi, dan bisnis. Orang yang ahli di bidang ini biasanya disebut sebagai Aktuaris. 

Di Indonesia, profesi ini mungkin belum terlalu populer, namun faktanya banyak perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan keahliannya. Karena keahliannya yang spesifik dalam hal kalkulasi, tentunya aktuaris banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan, khususnya bidang asuransi. 

Kemudian Dede juga menambahkan bahwa di masa yang akan datang diperkirakan permintaan akan profesi ini akan semakin meningkat seiring dengan kebijakan pemerintah yang mewajibkan setiap perusahaan, khususnya perusahaan asuransi, untuk memiliki minimal satu aktuaris yang sudah tersertifikasi. 

Adapun peran dan tanggung jawab seorang aktuaris, adalah menghitung berbagai risiko keuangan supaya bisa membayar klaim dan memberi manfaat kepada nasabah, merancang produk dan menetapkan tingkat premi, mengelola dana masuk dan keluar, menghitung nilai manfaat para pegawai saat memasuki masa pensiun, menganalisa kejadian di masa depan yang bisa berdampak pada manajemen keuangan perusahaan, menentukan status keuangan perusahaan, melakukan pemodelan dan proyeksi keuangan perusahaan dalam jangka panjang, mengumpulkan data statistik dan informasi lainnya untuk dianalisis lebih lanjut, memaparkan hasil temuan kepada para direktur perusahaan, pejabat pemerintah, pemegang saham, dan klien, serta merancang strategi bisnis untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan.

Sementara itu, kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang aktuaris adalah kemampuan dalam melakukan analisa, kemampuan berhitung, kemampuan berpikir logis, kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving), kemampuan manajerial, dan kemampuan berbahasa asing.

"Lalu terkait dengan sertifikasi aktuarial biasanya diselenggarakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). PAI sendiri sudah memiliki kurikulum pendidikan dengan 10 mata ujian yang meliputi Matematika keuangan, Probabilita dan statistika, Ekonomi, Akuntansi, Metode statistika, Matematika aktuaria, Pemodelan dan teori risiko, Investasi dan manajemen aset, dan Manajemen aktuaria. Inilah yang membuat sertifikasi aktuarial memakan waktu yang cukup lama. Namun, ada juga beberapa Perguruan Tinggi yang sudah bekerja sama dengan PAI, sehingga mahasiswa aktuarial bisa mengambil mata uji sertifikasi sebelum mereka lulus. Sisanya, bisa diambil perlahan sambil bekerja setelah lulus kuliah," pungkas Dede mengakhiri obrolan karena ada tamu lain yang bertamu ke kediamannya. (Red)

KOMENTAR

BLOGGER

JAKARTA


HUKUM

Nama

Aceh #Tenggelam Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singgkil Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Asahan Badak Banten Bakti Sosial Bali Balikpapan Banda Aceh Bandar Lampung Bandung Banjar Banjir Banten Banteng Banyumas Batu Bekasi Bencana Alam Berita Pilihan Berita Utama Bhayangkari Bireun BNN BNPT Bogor Boyolali BPJS BRI Budaya Catatan Redaksi Ciamis Cilacap Cilegon Daerah Dandim Demo Depok Desa DPDRI Ekonomi Foto Foto Video Garut Gaya Hidup Gayahidup Gayo Lues Gemar Hankam Headliene Headline Headline. Hiburan HSN Hukum HUT Bhayangkara HUT RI Idul Adha Ikan Indro Tjahyono Info Covid-19 Infrakstruktur Infrastruktur Insfrastrktur Insfrastruktur Intelijen Internasional Iternasional Jakarta Jalan Jalan Macet Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Tengah TNI Jawa Timur Jayapura Jepang Joneponto Jumat Bersih Kalimantan Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Kappija Karya Bakti Katingan KCK Kebakaran Kebudayaan Kebumen KEDIRI Kedsehatan Kejaksaan Negeri Aceh Singkil Kemanunggalan Kemendes Kementan Kendari Kerawang Kesehatan KIP Aceh Singkil Kolaka Komsos Komunikasi Sosial Konawe Selatan Kontruksi Korban Konflik Korea Selatan Korupsi Kota Tebing Tinggi Kotim KPK KPU Ksehatan Kuala Baru Lampung Lampung Selatan Langsa Lebak Legislatif Lhokseumawe Lingkungan Lowongan Wartawan Magelang Magetan Makan Malang Maluku Manado Maroko Mataram Medan Meulaboh MTQ Mukti Jaya Nabire Nagan Raya Narkoba Nasional Nasuonal NTB Oku Selatan Olagraga Olah Raga Olahraga Opini Organisasi Ormas Padang Palalawan Pamekasan Pandeglang Papua Papua Barat Parawisata Pasca Bencana Pasca Bencana Alam Pati Patroli Peemrintahan Pekalongan Peletakan Pemalang Pemerintah Pemerintah Desa Pemerintahan Penanggalan Pendididkan Pendidikan Penekanan Penghijauan Peraih Perikanan Peristiwa Peristiwa Aceh Perkebunan Pers Persit Pertama Pertanian Perustia Peternakan Pilek PKB Politik Politik Headline Polres Aceh Utara Polri Poltik Pontianak Poso PPWI Pramuka Presiden Jokowi Prestasi Profil PT Latinusa Tbk PT PLB PT Socfindo PT Socfindo Kebun Lae Butar PT.PLB PT.Socfindo Puisi Pulau Banyak Purbalingga Purbalinnga Purwokerto Purworejo PWI Rabat Ragam Rakyat Rapid Test Riau RSUD Aceh Singkil Rundeng Sanggau Semarang Sengketa Lahan Seoul Serang Sijunjung Simpang Kiri Singkawang Singkohor Sosial Sosialisasi Subulussalam Sukarejo Sulawesi Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sultan Daulat Sumatera Barat Sumatera Selatan Sumatera Utara Sumedang Sumut Surabaya Surakarta Tanggerang Tasikmalaya Tegal Terkini TMMD TNI Tobasa Tokoh Ucapan HUT RI Ucapan Idul Fitri Ucapan Selamat Ucapan Selamat HUT KE 75 RI Unjuk Rasa Video Wisata wisata budaya Yogyakarta Yonif Raeder 301 Yonif Raeder 301/PKS Ziarah
false
ltr
item
NKRITERKINI.COM: Ruang lingkup Ilmu Aktuaria Versi Dede Farhan Aulawi
Ruang lingkup Ilmu Aktuaria Versi Dede Farhan Aulawi
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgYTdgFkbDjjsFJ5_Jl-2WAJbP95OUCe2OEP3BhF0Y99rcu0RcTSxRT0AWWZoMepHGWvexyo69x8ZOT1mzBYcVdfAXJGOJoQ_icEhk5sUQpu-f7X0wktVej8wEmB8KPWQJAUHlafqMqpjbdnQErLXCtSN6mHa77MvDThO-H2pfr85ArXZfAApzZ6tSv0Q=w400-h180
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgYTdgFkbDjjsFJ5_Jl-2WAJbP95OUCe2OEP3BhF0Y99rcu0RcTSxRT0AWWZoMepHGWvexyo69x8ZOT1mzBYcVdfAXJGOJoQ_icEhk5sUQpu-f7X0wktVej8wEmB8KPWQJAUHlafqMqpjbdnQErLXCtSN6mHa77MvDThO-H2pfr85ArXZfAApzZ6tSv0Q=s72-w400-c-h180
NKRITERKINI.COM
https://www.nkriterkini.com/2022/12/ruang-lingkup-ilmu-aktuaria-versi-dede.html
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/2022/12/ruang-lingkup-ilmu-aktuaria-versi-dede.html
true
6142316263983909778
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy