Omiyage Muhibah dari Negeri Sakura

Oleh: Ali Syarief TOKYO - Bersama rekan-rekan se profesi sebagai Pewarta Warga (istilah post journalism – di era digital), akhirnya di awal ...

Oleh: Ali Syarief

TOKYO - Bersama rekan-rekan se profesi sebagai Pewarta Warga (istilah post journalism – di era digital), akhirnya di awal November 23 ini, penulis menapakan kaki juga di Negara Jepang, yang terkenal dengan kemajuan science dan modenisasi itu. Diselimbuti peralihan cuaca dari musim panas ke musim dingin, seiring dengan indahnya hutan-hutan yang mulai memerah, menjelang rontok, Jepang seperti negeri impian – yang sama dengan yang terlihat indahnya photo-photo yang banyak beredar.

Gagasan muhibah 10 peserta anggota PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) yang datang dari berbagai pelosok tanah air, bertujuan sebagai benchmark dan sebagai jembatan kerjasama untuk kedua bangsa, dinilai sebagai idea yang baik. Maka atas dukungan beberapa pihak, dari dalam negeri dan Jepang sendiri, membuat program muhibah ini menjadi sesuatu yang inspiratif untuk pengembangan selanjutnya.

Apa sih, oleh-oleh (omiyage) yang didapat selama seminggu berinterkasi dengan Jepang dan masyarakatnya?

Ada catatan-catatan penting, yang kami lihat antara lain, jumlah pengunjung asing ke Jeoang untuk berbagai keperluan bisnis dan liburan, naik menjadi 2,52 juta pada Oktober lalu dari 2,18 juta pada bulan September 2023. Menurut data dari Organisasi Pariwisata Nasional Jepang (JNTO), jumlah pengunjung meningkat hingga 100,8% dibandingkan tahun 2019 sebelum wabah Covid-19 menyebabkan pembatasan perjalanan di seluruh dunia. Data resmi ini menunjukkan bahwa pengunjung ke Jepang melampaui tingkat sebelum pandemi pada bulan Oktober, dan menandai pemulihan penuh dalam jumlah kedatangan untuk pertama kalinya sejak pelonggaran kontrol perbatasan tahun lalu.

Bersyukur sekali, rombongan kami didukung penuh oleh Pemerintah Kota Iiyama, Prefektur Nagano, sehingga berbagai atraksi kebudayaan dan tempat-tempat wisata yang tersedia, dapat kami saksikan dan kunjungi. Pemerintah Kota Iiyama juga membuka dialog, yang dipimpin oleh Wakil Walikota, Ibu Yukari Ito, beserta seluruh jajaran yang terkait dengan kepariwisataan disana.

Iiyama (飯山市) adalah sebuah kota yang terletak di Prefektur Nagano, Jepang. Iiyama terletak di bagian utara Prefektur Nagano, di wilayah Chubu, Jepang. Wilayah ini dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki iklim yang beragam tergantung pada musim.

Populasi kota ini dapat berubah seiring waktu, tetapi pada umumnya, kota ini adalah salah satu kota kecil di Prefektur Nagano. Penduduknya sangat aktif terlibat dalam berbagai sektor, termasuk pertanian dan pariwisata.

Kota Iiyama juga terkenal dengan ladang berasnya yang subur. Pertanian adalah salah satu aspek ekonomi yang penting di wilayah ini. Padi dan buah-buahan adalah beberapa produk pertanian utama yang dihasilkan di sini.

Wilayah ini juga dikenal sebagai tujuan wisata, terutama selama musim dingin. Beberapa tempat wisata populer di sekitarnya termasuk resort ski dan pemandian air panas (onsen). Tetapi selama musim panas, Anda akan menemukan keindahan alam yang menarik bagi para pendaki.

Aksesibilitas dapat menjadi faktor penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kota ini. Stasiun kereta api lokal sudah teritengrasi dengan Shinkansen dan menjadi titik transportasi penting untuk memudahkan perjalanan ke dan dari Iiyama.

Seperti banyak kota di Jepang, Iiyama mungkin memiliki warisan budaya dan sejarah yang menarik. Kuil dan festival tradisional sering menjadi daya tarik bagi wisatawan dan juga merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

Pada kurun waktu Pemerintahan Donald Trump, banyak terjadi peristiwa rasisme di Amerika. Hal itu berakibat banyaknya wisatawan dari berbagai negara yang akan berkunjung ke Amerika mengalihkan tujuan wisatanya ke Jepang. Turis dari Indonesia sempat tercatat sebagai pengunjug terbanyak. Sayang sekali kemudian terjadi pandemi Covid-19, yang menyebabkan semua program porak-poranda.

Jepang memang terkenal memiliki beberapa keunggulan dalam industri pariwisata. Sehingga membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata populer di dunia. Beberapa keunggulan tersebut meliputi salah satunya warisan budaya yang panjang dan peninggalan sejarah yang melimpah.

Jepang memiliki warisan budaya yang sangat kaya, termasuk kuil-kuil kuno, istana-istana megah, taman-taman indah, dan festival-festival tradisional. Wisatawan dapat mengalami kehidupan tradisional Jepang sambil menikmati modernitas kota-kota besar.

Pada sisi lain Jepang terkenal sebagai representasi kemajuan teknologi modernnya. Wisatawan dapat mengalami teknologi canggih melalui kunjungan ke pusat-pusat inovasi seperti Akihabara di Tokyo, di mana mereka dapat menjelajahi trend teknologi terkini.

Hal lain yang menarik adalah bahwa masyarakat Indonesia mulai keranjingan dengan makanan Jepang. Gastronomi yang luar biasa. Masakan Jepang, seperti sushi, ramen, dan tempura, telah menjadi populer di seluruh dunia. Wisatawan sering datang ke Jepang untuk mencicipi hidangan otentik dan mendapatkan pengalaman kuliner yang unik.

Sistem transportasi Jepang juga yang sangat efisien, termasuk kereta cepat Shinkansen dan jaringan transportasi umum yang baik. Hal ini membuat perjalanan antar kota menjadi mudah dan nyaman bagi wisatawan.

Jepang menawarkan keindahan alam yang luar biasa, termasuk gunung-gunung seperti Gunung Fuji, taman-taman nasional, dan pantai-pantai yang menakjubkan. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang beragam sepanjang tahun.

Orang Jepang dikenal karena keramahan dan pelayanan mereka terhadap wisatawan. Masyarakat Jepang memiliki tradisi kuat dalam melayani tamu dengan sopan dan ramah.

Rombongan kami, beruntung sekali mendapat kesempatan tinggal bersama keluarga orang Jepang di berbagai rumah khas orang Jepang. Tiada kesan yang bisa terlukiskan dengan ungkapan kata dan puisi, selain kenangan manis yang tak akan terlupakan. Ini berkat dukungan dari LEX Hippo Family Club, yang anggotanya tersebar di berbagai daerah se Jepang.

Jepang menyelenggarakan berbagai acara budaya, festival, dan pertunjukan tradisional yang menarik perhatian wisatawan. Selain itu, anime, manga, dan kebudayaan populer Jepang juga menarik banyak pecinta seni dan hiburan. Acara-acara ini teragendakan secara ruitn.

Last but not least Jepang dikenal sebagai salah satu negara teraman di dunia. Keamanan dan kebersihan lingkungan menjadi prioritas, memberikan rasa nyaman dan aman bagi wisatawan yang berkunjung. Semua faktor ini bersama-sama menciptakan pengalaman pariwisata yang unik dan menarik di Jepang, menjadikannya salah satu destinasi utama dunia bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia. (*)

KOMENTAR

BLOGGER

JAKARTA


HUKUM

Nama

Aceh #Tenggelam Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singgkil Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Asahan Badak Banten Bakti Sosial Bali Balikpapan Banda Aceh Bandar Lampung Bandung Banjar Banjir Banten Banteng Banyumas Batu Bekasi Bencana Alam Berita Pilihan Berita Utama Bhayangkari Bireun BNN BNPT Bogor Boyolali BPJS BRI Budaya Catatan Redaksi Ciamis Cilacap Cilegon Daerah Danau Paris Dandim Demo Demokrat Depok Desa DPDRI Ekonomi Foto Foto Video Garut Gaya Hidup Gayahidup Gayo Lues Gemar Gunung Meriah Hadline Hankam Headliene Headline Headline. HeadlineTNI Hiburan HSN Hukum HUT Bhayangkara HUT RI Idul Adha Ikan Indro Tjahyono Info Covid-19 Infrakstruktur Infrastruktur Insfrastrktur Insfrastruktur Intelijen Internasional Iternasional Jakarta Jalan Jalan Macet Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Tengah TNI Jawa Timur Jayapura Jepang Joneponto Jumat Bersih Kalimantan Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Kappija Karya Bakti Katingan KCK Kebakaran Kebudayaan Kebumen KEDIRI Kedsehatan Kejaksaan Negeri Aceh Singkil Kemanunggalan Kemendes Kementan Kendari Kerawang Kesehatan KIP Aceh Singkil Kolaka Komsos Komunikasi Sosial Konawe Selatan Kontruksi Korban Konflik Korea Selatan Korupsi Kota Tebing Tinggi Kotim KPK KPU Ksehatan Kuala Baru Lampung Lampung Selatan Langsa Lebak Legislatif Lhokseumawe Lhoksumawe Libanon Lingkungan Lowongan Wartawan Magelang Magetan Makan Malang Maluku Manado Maroko Mataram Medan Meulaboh MTQ Mukti Jaya Nabire Nagan Raya Narkoba Nasional Nasuonal NTB Nunukan Oku Selatan Olagraga Olah Raga Olahraga Opini Organisasi Ormas Padang Palalawan Pamekasan Pandeglang Papua Papua Barat Parawisata Pasca Bencana Pasca Bencana Alam Pati Patroli Peemrintahan Pekalongan Peletakan Pemalang Pemekasan Pemerintah Pemerintah Desa Pemerintahan Penanggalan Pendididkan Pendidikan Penekanan Penghijauan Peraih Perikanan Peristiwa Peristiwa Aceh Perkebunan Pers Persit Pertama Pertanian Perustia Peternakan Pilek PKB Politik Politik Headline Polres Aceh Utara Polri Poltik Pontianak Poso PPWI Pramuka Presiden Jokowi Prestasi Profil PT Latinusa Tbk PT PLB PT Socfindo PT Socfindo Kebun Lae Butar PT.PLB PT.Socfindo Puisi Pulau Banyak Purbalingga Purbalinnga Purwokerto Purworejo PWI Rabat Ragam Rakyat Rapid Test Riau RSUD Aceh Singkil Rundeng Sanggau Semarang Sengketa Lahan Seoul Serang Sijunjung Simpang Kiri Singkawang Singkil Singkohor Sosial Sosialisasi Subulussalam Sukarejo Sulawesi Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sultan Daulat Sumatera Barat Sumatera Selatan Sumatera Utara Sumedang Sumut Surabaya Surakarta Suro Makmur Tanggerang Tasikmalaya Tebing Tinggi Tegal Terkini TMMD TNI Tobasa Tokoh Ucapan HUT RI Ucapan Idul Fitri Ucapan Selamat Ucapan Selamat HUT KE 75 RI Unjuk Rasa Video Wisata wisata budaya Yogyakarta Yonif Raeder 301 Yonif Raeder 301/PKS Ziarah
false
ltr
item
NKRITERKINI.COM: Omiyage Muhibah dari Negeri Sakura
Omiyage Muhibah dari Negeri Sakura
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhPGqaUqqY8aAVnbA3bCvCPu9PjQ_acuS8CqEGd3_NG1uc1UUy489kluuab3dYVhYrzYl5MPT0fJhOKOXgU84UlKWNfN6VH4ZRANc4xuOTslcvY5OkhYNGgLEAGuQUWYSsz5eo9WILREsGbKJcTXSJLYDIdSCM0KOxNU6TZVqRP4fMz-OWfTHJpxobXFYUb=w640-h384
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhPGqaUqqY8aAVnbA3bCvCPu9PjQ_acuS8CqEGd3_NG1uc1UUy489kluuab3dYVhYrzYl5MPT0fJhOKOXgU84UlKWNfN6VH4ZRANc4xuOTslcvY5OkhYNGgLEAGuQUWYSsz5eo9WILREsGbKJcTXSJLYDIdSCM0KOxNU6TZVqRP4fMz-OWfTHJpxobXFYUb=s72-w640-c-h384
NKRITERKINI.COM
https://www.nkriterkini.com/2023/11/omiyage-muhibah-dari-negeri-sakura.html
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/2023/11/omiyage-muhibah-dari-negeri-sakura.html
true
6142316263983909778
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy