Alasan dan Ruang Lingkup Pemisahan Kedokteran Gigi Dari Kedokteran Umum

NKRITERKINI.COM , JAKARTA - Ada dua hal yang seringkali muncul dalam pertanyaan dan persepsi publik terkait dengan kedokteran gigi, yaitu pe...

NKRITERKINI.COM, JAKARTA - Ada dua hal yang seringkali muncul dalam pertanyaan dan persepsi publik terkait dengan kedokteran gigi, yaitu pertama kenapa ada pemisahan antara kedokteran gigi dengan kedokteran umum, dan apa perbedaan fundamentalnya. Kedua, kedokteran gigi seringkali dipersepsikan dengan ruang lingkup yang spesifik dan kecil. 

Padahal lama waktu pendidikannya hampir sama, yaitu sekitar 6 tahun. Empat tahun pertama untuk menyelesaikan Pendidikan sarjana Kedokteran Gigi/ Kedokteran Umum, dan dua tahun berikutnyanya menempuh Pendidikan Profesi Dokter Gigi/Dokter Umum. 

"Jadi seorang dokter gigi dan dokter umum terpisah sejak dalam pendidikannya, karena keduanya dianggap memiliki disiplin ilmu yang berbeda," ujar Pemerhati Kesehatan Dede Farhan Aulawi di Jakarta, Kamis (29/12).

Hal tersebut ia jelaskan dalam obrolan santai di sebuah cafe di Jakarta Selatan ketika bertemu dengan beberapa awak media. 

Kebetulan saat itu ada salah satu awak media yang sedang mengalami sakit gigi, lalu obrolan jadi berkembang di seputar kedokteran gigi. 

Dede sendiri memang cukup intens dalam menaruh perhatian yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat. Termasuk aktif mengembangkan pengobatan alternatif dengan herbal, sehingga tidak heran jika di halaman rumahnya tersedia aneka jenis tanaman obat.

Menurutnya seorang dokter umum bisa menempuh Pendidikan Profesi Dokter Spesialis/PPDS selama 3 sampai 5 tahun dan akan bergelar Dokter Spesialis.

Begitupun dokter gigi umum dapat menempuh pendidikan Dokter Gigi Spesialis, misalnya Dokter Gigi Spesialis Orthodonti, Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi, Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut, Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia, Dokter Gigi Spesialis Ortodonsia, Dokter Gigi Spesialis Periodonsia, Dokter Gigi Spesialis Ilmu Penyakit Mulut, dan Dokter Gigi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi.

Bahkan jika ditinjau secara historis, pemisahan kedua disiplin ilmu ini dimulai sejak zaman pertengahan di mana ada istilah tukang cukur-ahli bedah (barber surgeon). 

Pemisahan diawali saat Pierre Fauchard, seorang bapak kedokteran gigi modern berniat mengangkat bidang kedokteran gigi ke ranah sains. Kemudian dokter gigi Chapin Harris dan Horace Hayden mendekati petinggi kedokteran di University of Maryland Baltimore dengan ide menambahkan instruksi gigi untuk kursus medis, dan meyakinkan mereka bahwa kedokteran gigi dinilai pantas statusnya sebagai profesi, dan program studi, memiliki izin praktek, dan berdasarkan prinsip keilmiahan.

Dalam perawatan ortodontik biasanya melakukan perawatan terhadap maloklusi seperti gigi jarang, gigi berjejal, gigi maju serta perbaikan hubungan rahang atas dan rahang bawah. 

Adapun yang dilakukan dokter gigi spesialis ortodontik adalah memperbaiki susunan gigi, memperbaiki kotak antar gigi dan antara gigi, memperbaiki hubungan rahang atas dan rahang bawah, memperbaiki kelainan pada sendi rahang, dan memperbaiki tonus otot di area wajah menjadi seimbang dan dapat berfungsi secara seimbang serta dapat berfungsi dengan maksimal. 

Ruang lingkup perawatan ortodontik ini juga mengenal istilah Perawatan Ortodontik Interseptif dan Perawatan Ortodontik Korektif.

Ada juga spesialis bedah mulut dan maksilofasial, yaitu pelayanan kedokteran gigi spesialis yang melakukan tindakan operasi untuk memperbaiki masalah gigi, mulut, rahang akibat penyakit infeksi, tumor atau trauma gangguan tumbuh dan mengembalikan fungsi pengunyahan dan estetik. Ruang lingkupnya biasanya mencakup pencabutan gigi, bedah Ortognati (memperbaiki bentuj dan fungsi rahang), prostesa bedah rahang, patah tulang rahang, operasi bibir sumbing dan celah celah langit, operasi gangguan sendi rahang, operasi kista, dan tumor pada rongga mulut dan rahang, operasi jaringan lunak mulut dan wajah, operasi gangguan pertumbuhan rahang atau wajah, dan operasi infeksi yang meluas pada rahang dan wajah.

Sementara itu, spesialis penyakit mulut yang menyangkut pelayanan dokter gigi spesialis yang menangani penyakit mulut, yang berfokus pada pemeriksaan secara holistik, diagnosis penyakit mulut yang bersifat lokal dan manifestasi oral dari penyakit sistemik. 

Spesialis penyakit mulut mengelola kesehatan pasien secara menyeluruh meliputi diagnosis dan perawatan yang bersifat non bedah pada kelainan jaringan lunak mulut baik primer mapun sekunder di rongga mulut dan sekitarnya. 

Ruang lingkup pelayanannya meliputi konsultasi dan pemeriksaan penyakit mulut infeksi dan non infeksi, punch biopsi, perawatan penyakit mulut pada pasien dengan sistemik seperti TB, HIV/AIDS, penyakit gastrointestinal, dan konsultasi dan perawatan penyakit mulut pada pasien usia lanjut (geriarti).

Untuk spesialis periodontik biasanya memberikan pelayanan yang berfokus pada kesehatan gusi supaya tetap berfungsi normal dan terlihat sehat dan estetik. Spesialis Periodontik juga melayani perbaikan gusi karena hilangnya gigi yang menyebabkan perubahan pada tinggi gusi dengan gigi. 

Ruang lingkup pelayanannya meliputi kontrol plak, pembersihan karang gigi/ skeling gigi, perawatan gusi berdarah, perawatan radang gusi, perawatan gigi goyang, bedah estetik gusi, bedah jaringan pendukung gigi, dan implan gigi.

Ada juga spesialis prostodontik yang memberikan pelayanan pada pasien dengan keluhan adanya gigi yang hilang, bahkan sampai memperbaiki kehilangan tinggi wajah dan tonus otot wajah karena kehilangan gigi. Jadi pasien biasanya datang saat ada gigi yang hilang karena usia, ada gigi yang hilang karena trauma/tabrakan, ada gigi yang hilang akibat adanya infeksi atau tumor pada rahang, atau saat sudah ada gigi yang dicabut. 

Ruang lingkup pelayannya meliputi pembuatan gigi tiruan dari berbagai bahan konsensional sampai bahan terkini dari hanya satu gigi sampai pembuatan gigi tiruan lengkap untuk kedua rahang, menangani gangguan sendi rahang (TMJ), pembuatan mahkota gigi dan jembatan gigi (dental bridge), pembuatan protesa periodontal, perawatan preprostetik, dan pembuatan bola mata tiruan.

Kemudian ada juga spesialis konservasi gigi, dimana runag lingkup pelayannya meliputi perawatan dan pencegahan gigi berlubang, penambalan gigi sederhana, penambalan gigi estetik, perawatan syaraf saluran akar gigi, pemutihan gigi (Bleaching), pembuatan Veneer, pembuatan restorasi pasca perawatan saluran akar, smile make over, dan bedah endodontik.

"Itulah sekilas gambaran ruang lingkup kedokteran gigi. Apa yang diuraikan di atas tentu saja belum lengkap semuanya karena untuk menguraikannya tentu butuh waktu yang lebih lama lagi. Namun dari sekilas gambaran di atas, bisa terlihat bahwa ruang lingkup kedokteran gigi ini tidaklah sempit seperti banyak dipersepsikan orang. Oleh karenanya sangat logis dan wajar sekali bahkan harus ada pemisahan antara kedokteran gigi dengan kedokteran umum," ungkap Dede. (Red)

KOMENTAR

BLOGGER

JAKARTA


HUKUM

Nama

Aceh #Tenggelam Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singgkil Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Asahan Badak Banten Bakti Sosial Bali Balikpapan Banda Aceh Bandar Lampung Bandung Banjar Banjir Banten Banteng Banyumas Batu Bekasi Bencana Alam Berita Pilihan Berita Utama Bhayangkari Bireun BNN BNPT Bogor Boyolali BPJS BRI Budaya Catatan Redaksi Ciamis Cilacap Cilegon Daerah Dandim Demo Depok Desa DPDRI Ekonomi Foto Foto Video Garut Gaya Hidup Gayahidup Gayo Lues Gemar Hankam Headliene Headline Headline. Hiburan HSN Hukum HUT Bhayangkara HUT RI Idul Adha Ikan Indro Tjahyono Info Covid-19 Infrakstruktur Infrastruktur Insfrastrktur Insfrastruktur Intelijen Internasional Iternasional Jakarta Jalan Jalan Macet Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Tengah TNI Jawa Timur Jayapura Jepang Joneponto Jumat Bersih Kalimantan Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Kappija Karya Bakti Katingan KCK Kebakaran Kebudayaan Kebumen KEDIRI Kedsehatan Kejaksaan Negeri Aceh Singkil Kemanunggalan Kemendes Kementan Kendari Kerawang Kesehatan KIP Aceh Singkil Kolaka Komsos Komunikasi Sosial Konawe Selatan Kontruksi Korban Konflik Korea Selatan Korupsi Kota Tebing Tinggi Kotim KPK KPU Ksehatan Kuala Baru Lampung Lampung Selatan Langsa Lebak Legislatif Lhokseumawe Lingkungan Lowongan Wartawan Magelang Magetan Makan Malang Maluku Manado Maroko Mataram Medan Meulaboh MTQ Mukti Jaya Nabire Nagan Raya Narkoba Nasional Nasuonal NTB Oku Selatan Olagraga Olah Raga Olahraga Opini Organisasi Ormas Padang Palalawan Pamekasan Pandeglang Papua Papua Barat Parawisata Pasca Bencana Pasca Bencana Alam Pati Patroli Peemrintahan Pekalongan Peletakan Pemalang Pemerintah Pemerintah Desa Pemerintahan Penanggalan Pendididkan Pendidikan Penekanan Penghijauan Peraih Perikanan Peristiwa Peristiwa Aceh Perkebunan Pers Persit Pertama Pertanian Perustia Peternakan Pilek PKB Politik Politik Headline Polres Aceh Utara Polri Poltik Pontianak Poso PPWI Pramuka Presiden Jokowi Prestasi Profil PT Latinusa Tbk PT PLB PT Socfindo PT Socfindo Kebun Lae Butar PT.PLB PT.Socfindo Puisi Pulau Banyak Purbalingga Purbalinnga Purwokerto Purworejo PWI Rabat Ragam Rakyat Rapid Test Riau RSUD Aceh Singkil Rundeng Sanggau Semarang Sengketa Lahan Seoul Serang Sijunjung Simpang Kiri Singkawang Singkohor Sosial Sosialisasi Subulussalam Sukarejo Sulawesi Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sultan Daulat Sumatera Barat Sumatera Selatan Sumatera Utara Sumedang Sumut Surabaya Surakarta Tanggerang Tasikmalaya Tegal Terkini TMMD TNI Tobasa Tokoh Ucapan HUT RI Ucapan Idul Fitri Ucapan Selamat Ucapan Selamat HUT KE 75 RI Unjuk Rasa Video Wisata wisata budaya Yogyakarta Yonif Raeder 301 Yonif Raeder 301/PKS Ziarah
false
ltr
item
NKRITERKINI.COM: Alasan dan Ruang Lingkup Pemisahan Kedokteran Gigi Dari Kedokteran Umum
Alasan dan Ruang Lingkup Pemisahan Kedokteran Gigi Dari Kedokteran Umum
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEggv4ecyH1GyCTBl4whMuAxNVjYFQ2351drJibPVZ3b6OGmX9c9ce-tT6rnVEbyGtoJSFnA_BQFyeMPtW2Gv5tFfaz0GuJ5QEqCJu-gQZI_9lbaph3JRQv24FRTpQBkPtkZAVdigBOI1mgFq04t7LuK4gZkhpHagxvPQgNyCHYb3vZjtOShmgXdU4bD_Q=w400-h180
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEggv4ecyH1GyCTBl4whMuAxNVjYFQ2351drJibPVZ3b6OGmX9c9ce-tT6rnVEbyGtoJSFnA_BQFyeMPtW2Gv5tFfaz0GuJ5QEqCJu-gQZI_9lbaph3JRQv24FRTpQBkPtkZAVdigBOI1mgFq04t7LuK4gZkhpHagxvPQgNyCHYb3vZjtOShmgXdU4bD_Q=s72-w400-c-h180
NKRITERKINI.COM
https://www.nkriterkini.com/2022/12/alasan-dan-ruang-lingkup-pemisahan.html
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/2022/12/alasan-dan-ruang-lingkup-pemisahan.html
true
6142316263983909778
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy