-->

Kodim 0109/Aceh Singkil Gelar Binsiap Apwil dan Puanter

ACEH SINGKIL - Guna meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Kodim 0109/Aceh Singkil menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Semester I TA. 2022 di Aula Teuku Umar Makodim 0109/Aceh Singkil, Desa Ketapang Indah, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (23/06/2022).

Binsiap Apwil dan Puanter merupakan kemampuan dasar yang wajib di miliki bagi seorang Babinsa sebagai aparatur kewilayahan yang nantinya seorang Babinsa harus menguasai Geografi, Demografi dan Komunikasi Sosial kepada warganya.

Mewakili Dandim, Kegiatan dibuka oleh Danramil 04/Simpang Kanan Kapten Inf Asfimal yang diikuti perwira staf, para Danramil jajaran dan perwakilan anggota Babinsa jajaran Kodim 0109/Aceh Singkil.

Dalam sambutannya, Kapten Inf Asfimal mengatakan, jadikan kegiatan ini sebagai barometer guna meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan di wilayah, kuasai 5 Kemampuan Teritorial, rangkul masyarakat dan tokoh - tokoh di wilayah tersebut dengan humanis serta jalin selalu hubungan emosional dan silaturahmi yang baik dengan masyarakat.

"Jadikan kegiatan ini, sebagai barometer bagi kita selaku aparat kewilayahan mulai Danramil sampai dengan Babinsa guna menunjang tugas pokok Kodim dengan tujuan sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan metode Binter di lapangan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja dan kegiatan ini juga merupakan bagian yang sangat penting bagi kesiapan seluruh aparat kewilayahan dalam menjalankan fungsi pembinaan teritorial sekaligus sebagai fungsi utama di TNI AD," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan agar para Babinsa jajaran Kodim 0109/Aceh Singkil lebih memahami dan mahir melaksanakan tugas di wilayah binaannya.

"Untuk melaksanakan Kegiatannya, Babinsa memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam melaksanakan pemberdayaan wilayahnya, sehingga mereka mampu berinteraksi dengan masyarakat diwilayah binaanya," pungkas Kapten Inf Asfimal.

Adapun pembekalan materi teritorial yang meliputi Lima Kemampuan Teritorial yang diberikan oleh Danramil 01/Pulau Banyak Lettu Inf Agus Sujiantoro, Sikap Teritorial yang diberikan oleh Danramil 05/Kuala Baru Lettu Inf A. Munaf dan Metode Binter yang diberikan oleh Pasiter Kodim 0109/Aceh Singkil Kapten Inf Dahlius

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil 

Baca Juga

View Comments

Komentar

Berita Menarik Lainnya


NKRITERKINI.COM - NETWORK

Support by: NKRI Terkini

Ikuti Berita Terbaru