-->

7.000 Masyarakat Aceh Singkil Terima BTPKLWN dari TNI

Redaksi NKRI

ACEH SINGKIL - Kodim 0109/Aceh Singkil, Aceh, menyalurkan bantuan tunai kepada pedagang kaki lima, warung dan nelayan melalui program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung, dan Nelayan (BTPKLWN) dari Kementerian Keuangan RI.

Dandim 0109/Aceh Singkil, Letkol Czi Rizal Desriansyah, M.Tr (Han) mengatakan BTPKLWN merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan yang penyalurannya melibatkan TNI dan Polri.

Bantuan tersebut, sambungnya, merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada pelaku usaha mikro dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

"Bantuan ini dibagikan kepada 7 ribu pelaku usaha (Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan) di Aceh Singkil," ujar Letkol Czi Rizal Desriansyah usai menyerahkan secara simbolis BTPKLWN kepada penerima di Aula Makodim 0109/ Aceh Singkil, Senin (11/4/2022).

Dengan bantuan ini diharapkan para pelaku usaha mikro maupun nelayan yang terdampak pandemi bisa bangkit kembali dalam menjalankan usahanya. Karena itu, pihaknya mengingatkan agar bantuan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kegiatan usaha.

"Kodim 0109/Aceh Singkil menyalurkan BTPKLWN kepada 7000 warga yang berhak menerima, dalam proses penerimaannya akan di data KTP dan KK berikut tempat usahanya sekaligus mengambil dokumentasi," jelasnya.

Sebelumnya, semua data yang di himpun oleh Babinsa di input dalam aplikasi untuk di verifikasi apakah penerima bantuan sudah pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. 

"Untuk data warga yang pernah mendapat bantuan dari pemerintah akan terlihat dari sistem dan akan dihapus dari daftar calon penerima," tegas Dandim.

Para warga yang terdata akan mendapatkan bantuan tunai dari pemerintah yang disalurkan oleh Tentara Nasional Indonesi (TNI) melalui Kodim 0109/Aceh Singkil.

"BTPKLWN ini diserahkan langsung kepada warga yang terdata dengan nominal besaran dana yang diterima adalah sebesar Rp 600.000 per orang," kata Dandim. 

Sementara proses penyalurannya dilakukan selama 10 hari di setiap hari kerja. Sedangkan untuk masyarakat yang berada di wilayah jajaran Koramil maupun di kepulauan untuk menghemat waktu dan mencegah timbulnya kerumunan maka pembagiannya di lakukan di wilayah koramil masing-masing.

* Bupati Aceh Singkil Beri Apresiasi

Sementara itu, Bupati Aceh Singkil Dulmusrid yang ikut hadir kegiatan tersebut menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan yang di lakukan oleh Kodim 0109/Aceh Singkil. 

Tidak hanya itu, Bupati Aceh Singkil juga meminta kepada masyarakat yang telah menerima dana bantuan dari Pemerintah agar dapat menggunakan dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan usahanya guna mendorong perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Turut hadir dalam penyaluran BTPKLWN ini,  Kapolres Aceh Singkil AKBP Iin Maryudi Helman, S.I.K, Kajari Aceh Singkil yang di wakili oleh Kasi Intel Kejaksaan Budi Febriandi, SH, Ketua DPRK Aceh Singkil Hasanudin Aritonang, S.E, Camat Singkil Utara Asnaldi, S.Hut. M.si, Kapolsek Singkil Utara Ipda Bambang Saputra, Ketua Pengadilan Aceh Singkil Hamza Sulaiman, SH. Ketua Mahkamah syari'ah aceh Singkil Bakhtiar, SH.I, Ketua MPU Aceh Singkil Adlimsyah, BA, Kepala MAA Aceh Singkil Zakirun. P, SH.MM, Kadis Umkm Aceh Singkil Faisal, S.Pd, Kadis Sosial Aceh Singkil Drs Iskandar serta Babinsa Jajaran Posramil Singkil Utara Koramil 02/Singkil. (Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya,

Berita Terkini