Heboh TPPO Bandar Lampung, Ini Peran PPWI Lampung Timur Cs Bantu Polda Bongkar Kasus TPPO

LAMPUNG - DPC PPWI Lampung Timur yang diketuai Sopyanto bersama rekan-rekan dari organisasi media lainnya memberikan andil besar dalam penan...

LAMPUNG - DPC PPWI Lampung Timur yang diketuai Sopyanto bersama rekan-rekan dari organisasi media lainnya memberikan andil besar dalam penangkapan 4 tersangka jaringan internasional Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Bandar Lampung. Pasalnya, Polda Lampung dapat membongkar kasus penyelundupan dan penjualan orang itu setelah mendapat informasi dari Sopyanto dan rekan-rekan.

Sebagaimana diketahui, Polda Lampung akhirnya sukses membekuk keempat tersangka di tempat kejadian perkara (TKP) yang berlokasi di Kelurahan Rajabasa Jaya, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung, pada Rabu, 7 Juni 2023 lalu. Dalam Konferensi Persnya, Kapolda Lampung, Irjenpol Helmy Santika, menjelaskan bahwa 4 tersangka tersebut berinisial DW, AL, AR dan IT. Selain menangkap para pelaku, dari TKP Polda Lampung berhasil menyelamatkan 24 orang perempuan korban TPPO asal Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Kapolda mengatakan bahwa keberhasilan Polda Lampung dalam membekuk 4 tersangka TPPO tersebut tidak lepas dari peran serta dan laporan masyarakat. Adapun masyarakat yang telah berperan membantu Polisi dalam penangkapan pelaku TPPO dan menyelamatkan para korbannya itu adalah rekan-rekan PPWI bersama beberapa organisasi pers.

"Penangkapan 4 tersangka TPPO tersebut berkat laporan masyarakat yang tergabung dalam beberapa organisasi pers," jelas Kapolda, Rabu, 7 Juni 2023.

Saat dikonfirmasi awak media, Bung Fyan, demikian Sopyanto akrab disapa, mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya seprofesi yang telah memberikan informasi kepada Anggota Piket Dir Reskrimum Polda Lampung, pada hari Minggu, 4 Juni 2023. "Iya, memang benar saya dan rekan-rekan yang menginformasikan kepada anggota piket Dir Reskrimum terkait adanya TPPO di Kecamatan Rajabasa. Bahkan saya dan rekan-rekan turut membantu Anggota Kepolisian yang melakukan penangkapan di TKP," ucap Bung Fyan yang juga Kaperwil media cetak dan online Jurnal Polisi Pos ini, Jumat, 9 Juni 2023.

Lebih lanjut, Bung Fyan membeberkan siapa saja yang ikut berperan sehingga Polda Lampung berhasil sukses dalam menangkap pelaku dan menyelamatkan 24 korban TPPO yang saat ini berada di Polda Lampung. "Adapun rekan-rekan pers yang ikut berperan dalam membantu Polisi antara lain Aminuddin dari FPII, Wardiyansyah dari FKBN, Zuli Ardiansyah dari IWO, Darmawan, S.H., Ketua DPD PWRI Lampung, dan Ipung, serta Arwansyah dari PPWI," bebernya.

Fyan juga mengatakan bahwa informasi tentang adanya TPPO di Kota Bandar Lampung berawal dari Pimred Sahabat Bhayangkara Indonesia, Agung Sulistyo. Untuk diketahui, Agung Sulistyo berdomisili di Sukabumi dan tergabung dalam Organisasi PPWI. "Saya dan rekan-rekan mendapatkan informasi dari Bang Agung SBI melalui percakapan WhatsApp. Bang Agung mendapatkan info melalui keluarga salah satu korban yang berada di Lombok," tutur Fyan.

Ketua DPC PPWI Lampung Timur tersebut menceritakan kronologi keterlibatannya bersama rekan-rekan dalam pengungkapan TPPO yang ditangani oleh Ditreskrimum Polda Lampung. "Setelah saya dan rekan-rekan mendapatkan info dari Bang Agung, sekira pukul 17.30 Wib, saya dan rekan-rekan mendatangi Mapolda Lampung memberikan informasi adanya TPPO, setelah itu kami menuju rumah yang menjadi penampungan 24 orang korban tersebut, kami mengawasi rumah tersebut dari jarak yang agak jauh sambil menunggu Anggota Polisi yang akan melakukan penangkapan ke TKP," cerita Bung Fyan.

Kepada wartawan yang mewawancarainya, Bung Fyan mengatakan bahwa awalnya mereka tidak mengetahui siapa pemilik rumah tempat penampungan para korban TPPO. Namun pada saat penangkapan pelaku, Ngadiono selaku RT setempat menerangkan bahwa pemilik rumah tersebut adalah oknum polisi. Informasi tersebut dibenarkan Kapolda Lampung Helmy Santika.

"Awalnya saya tidak tahu siapa pemilik rumah itu, namun pada saat penangkapan RT setempat hadir dan menyaksikan proses penangkapan. RT mengatakan bahwa pemilik rumah tersebut adalah oknum polisi. Keterangan dari RT ini dibenarkan oleh Kapolda ketika diwawancarai awak media beberapa waktu lalu," tutup Bung Fyan.

Di tempat terpisah, Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A., menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja Polda Lampung dalam menindak tegas pelaku TPPO jaringan internasional. Wson Lalengke juga mengapresiasi dan menghargai peran serta Bung Fyan bersama rekan-rekannya dalam membantu Kepolisian setempat menangani kasus yang cukup menghebohkan saat ini.

"Atas nama DPN PPWI, saya sangat mengapresiasi peran serta Ketua DPC PPWI Lamtim dan rekan-rekan pers lainnya yang telah membantu memberikan informasi dan melaporkan adanya TPPO kepada Polda Lampung, sehingga pelaku TPPO dapat diringkus dan 24 orang perempuan korban dapat terselamatkan," ungkap Tokoh Pers Nasional yang getol membela masyarakat yang terzolimi itu, Jumat 9 Juni 2023.

Wilson Lalengke yang juga adalah Direktur Permata Indonesia lebih lanjut menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi Kapolda Lampung beserta jajarannya atas respon cepat yang diberikan sesaat setelah mendapat informasi atau laporan dari masyarakat, khususnya informasi dari teman-teman PPWI bersama organisasi lainnya. "Dengan adanya informasi dari masyarakat, hal tersebut dapat menghasilkan kesuksesan dalam mengungkap dan menangkap pelaku TPPO ataupun tindak pidana lainnya," tambahnya.

Lebih dalam, Wilson Lalengke yang merupakan Alumni PPRA-48 Lemhanas RI tahun 2012 ini menjelaskan bahwa dalam pemberantasan TPPO di Indonesia sangat dibutuhkan peran serta masyarakat dan semua pihak terkait. "Peran serta masyarakat dan pihak-pihak terkait sangat membantu kepolisian dalam menjalankan tugasnya. Bahkan terkait peran masyarakat dalam pemberantasan TPPO telah diamanatkan dalam Pasal 60 Undang-Undang Republik Indonesia No. 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang," jelasnya.

Wilson Lalengke berharap agar Kepolisian Republik Indonesia (Polri) khususnya Polda Lampung dapat mengusut tuntas dan memberantas pelaku TPPO sampai ke akar-akarnya. Bila ditemukan adanya oknum polisi yang terlibat dalam TPPO agar diberikan sanksi tegas, jika perlu dipecat. Hal itu, katanya, penting dilakukan dalam rangka menjaga citra dan kredibilitas Kepolisian RI.

"Saya berharap kepada Institusi Polri, khususnya Polda Lampung, agar dapat bersikap tegas kepada siapapun yang terlibat dalam TPPO. Bila ada oknum Polisi yang terlibat, jangan ragu untuk memberikan hukuman. Jangan sampai citra Polri buruk di mata masyarakat akibat ulah satu-dua anggota Polri yang buruk itu. Usut tuntas sampai ke akar-akarnya agar ke depannya tidak ada lagi korban TPPO di bumi Indonesia," tandas trainer jurnalistik yang sudah melatih ribuan anggota Polri, TNI, wartawan, ASN, buruh, dan masyarakat umum ini. (TIM/Red)

KOMENTAR

BLOGGER

JAKARTA


HUKUM

Nama

Aceh #Tenggelam Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singgkil Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Asahan Badak Banten Bakti Sosial Bali Balikpapan Banda Aceh Bandar Lampung Bandung Banjar Banjir Banten Banteng Banyumas Batu Bekasi Bencana Alam Berita Pilihan Berita Utama Bhayangkari Bireun BNN BNPT Bogor Boyolali BPJS BRI Budaya Catatan Redaksi Ciamis Cilacap Cilegon Daerah Danau Paris Dandim Demo Demokrat Depok Desa DPDRI Ekonomi Foto Foto Video Garut Gaya Hidup Gayahidup Gayo Lues Gemar Gunung Meriah Hadline Hankam Headliene Headline Headline. HeadlineTNI Hiburan HSN Hukum HUT Bhayangkara HUT RI Idul Adha Ikan Indro Tjahyono Info Covid-19 Infrakstruktur Infrastruktur Insfrastrktur Insfrastruktur Intelijen Internasional Iternasional Jakarta Jalan Jalan Macet Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Tengah TNI Jawa Timur Jayapura Jepang Jerusalem Joneponto Jumat Bersih Kalimantan Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Kappija Karya Bakti Katingan KCK Kebakaran Kebudayaan Kebumen KEDIRI Kedsehatan Kejaksaan Negeri Aceh Singkil Kemanunggalan Kemendes Kementan Kendari Kerawang Kesehatan KIP Aceh Singkil Kolaka Komsos Komunikasi Sosial Konawe Selatan Kontruksi Korban Konflik Korea Selatan Korupsi Kota Tebing Tinggi Kotim KPK KPU Ksehatan Kuala Baru Lampung Lampung Selatan Langsa Lebak Legislatif Lhokseumawe Lhoksumawe Libanon Lingkungan Lowongan Wartawan Magelang Magetan Makan Malang Maluku Manado Maroko Mataram Medan Meulaboh MTQ Mukti Jaya Nabire Nagan Raya Narkoba Nasional Nasuonal NTB Nunukan Oku Selatan Olagraga Olah Raga Olahraga Opini Organisasi Ormas Padang Palalawan Pamekasan Pandeglang Papua Papua Barat Parawisata Pasca Bencana Pasca Bencana Alam Pati Patroli Peemrintahan Pekalongan Peletakan Pemalang Pemekasan Pemerintah Pemerintah Desa Pemerintahan Penanggalan Pendididkan Pendidikan Penekanan Penghijauan Peraih Perikanan Peristiwa Peristiwa Aceh Perkebunan Pers Persit Pertama Pertanian Perustia Peternakan Pilek PKB Politik Politik Headline Polres Aceh Utara Polri Poltik Pontianak Poso PPWI Pramuka Presiden Jokowi Prestasi Profil PT Latinusa Tbk PT PLB PT Socfindo PT Socfindo Kebun Lae Butar PT.PLB PT.Socfindo Puisi Pulau Banyak Purbalingga Purbalinnga Purwokerto Purworejo PWI Rabat Ragam Rakyat Rapid Test Riau RSUD Aceh Singkil Rundeng Sanggau Semarang Sengketa Lahan Seoul Serang Sijunjung Simpang Kiri Singkawang Singkil Singkohor Sosial Sosialisasi Subulussalam Sukarejo Sulawesi Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sultan Daulat Sumatera Barat Sumatera Selatan Sumatera Utara Sumedang Sumut Surabaya Surakarta Suro Makmur Tanggerang Tasikmalaya Tebing Tinggi Tegal Terkini TMMD TNI Tobasa Tokoh Tripoli Ucapan HUT RI Ucapan Idul Fitri Ucapan Selamat Ucapan Selamat HUT KE 75 RI Unjuk Rasa Video Wisata wisata budaya Yogyakarta Yonif Raeder 301 Yonif Raeder 301/PKS Ziarah
false
ltr
item
NKRITERKINI.COM: Heboh TPPO Bandar Lampung, Ini Peran PPWI Lampung Timur Cs Bantu Polda Bongkar Kasus TPPO
Heboh TPPO Bandar Lampung, Ini Peran PPWI Lampung Timur Cs Bantu Polda Bongkar Kasus TPPO
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjMz5Q70M56sOY3tFhVgpE_Ze26xUSiy0kVdJlDXSIgkILJIugnu_s2s6olpobFgVop0Bbr--JP63jSOwKHIrELnPj6XJXewQwzhqvxNSyn9BIBsvmj59GY9QctUNAXB6tCrcCFIz8GvwmdVFMUUEUAAcw6eRIlgKc4Er6EL2HWFupFBxSDqEDSPXxYYA=w640-h384
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjMz5Q70M56sOY3tFhVgpE_Ze26xUSiy0kVdJlDXSIgkILJIugnu_s2s6olpobFgVop0Bbr--JP63jSOwKHIrELnPj6XJXewQwzhqvxNSyn9BIBsvmj59GY9QctUNAXB6tCrcCFIz8GvwmdVFMUUEUAAcw6eRIlgKc4Er6EL2HWFupFBxSDqEDSPXxYYA=s72-w640-c-h384
NKRITERKINI.COM
https://www.nkriterkini.com/2023/06/heboh-tppo-bandar-lampung-ini-peran.html
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/2023/06/heboh-tppo-bandar-lampung-ini-peran.html
true
6142316263983909778
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy