Pemerhati Ekonomi Jelaskan Kemungkinan Resesi 2023

MEMBACA perkembangan situasi global saat ini, tidak sedikit para analis ekonomi yang menyampaikan kemungkinan terjadinya resesi pada tahun ...

MEMBACA perkembangan situasi global saat ini, tidak sedikit para analis ekonomi yang menyampaikan kemungkinan terjadinya resesi pada tahun 2023. "Dalam konteks prediksi, semua memang bisa saja terjadi, tetapi fundamental ekonomi setiap negara memiliki ketangguhan yang berbeda - beda," kata Pemerhati Ekonomi Dede Farhan Aulawi di Bandung, Senin (18/9).

Hal tersebut ia sampaikan saat obrolan santai sore hari di kediamannya yang asri. Apalagi ia juga dikenal sebagai orang yang multi talenta dan enak untuk diajak diskusi dikala ada waktu yang agak longgar. Terlebih aneka kegiatannya selama ini dikenal seabrek dengan variasi kegiatan yang banyak. Namun selalu menyisihkan waktu untuk diskusi dengan awak media dan komunitas masyarakat lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Dede menjelaskan bahwa resesi merupakan penurunan signifikan dalam aktivitas ekonomi yang tersebar di seluruh wilayah, berlangsung lebih dari beberapa bulan, biasanya terlihat dalam PDB riil, pendapatan riil, lapangan kerja, produksi industri, dan penjualan grosir-eceran. "Jadi resesi adalah penurunan Produk Domestik Bruto (PDB) yang terjadi selama dua kuartal berturut-turut," ungkapnya.

Kemudian dengan merujuk pada Business Insider, ia menguraikan bahwa ada beberapa penyebab resesi, misalnya guncangan ekonomi yang tidak terduga dan menyebabkan gangguan ekonomi yang meluas, kehilangan kepercayaan konsumen, suku bunga tinggi, dan deflasi.

Saat ini sudah ada beberapa negara yang mengalami resesi. Untuk mengantisipasi dampak yang mungkin terjadi, maka Pemerintah dipandang perlu untuk mempercepat realisasi program PEN, meningkatkan konsumsi pemerintah, dan memodifikasi belanja perlindungan sosial.

Dengan kata lain, tekanan inflasi dapat timbul akibat terganggunya rantai pasok nasional dan internasional akibat perubahan cuaca seperti banjir dan badai, dan juga ketidakstabilan situasi global. Meningkatnya frekuensi dan keparahan bencana alam, telah menunjukkan potensi gangguan yang nyata bahkan merusak kemajuan dalam pembangunan ekonomi.

Selanjutnya Dede juga mengatakan, sejumlah indikator perubahan iklim seperti emisi gas rumah kaca, hingga tinggi permukaan laut sudah menjadi 'alarm' keras untuk setiap negara agar melakukan mitigasi. Itulah sebabnya perekonomian dunia diramalkan cukup suram pada tahun 2023 mendatang.

Penyebabnya, kondisi geopolitik yang berimbas pada kenaikan laju inflasi serta risiko stagflasi. Stagflasi ditandai dengan kenaikan tajam inflasi di suatu negara. Risiko stagflasi tersebut akan dialami oleh banyak negara. Namun demikian, diperkirakan tidak terlalu banyak pengaruh bagi Indonesia. 

Meskipun demikian, ada efek dari perlambatan global terhadap ekonomi Indonesia. Untuk itu diperlukan kombinasi kebijakan yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi bersama stabilitas yang terjaga. Ini yang disebut Bauran kebijakan progrowth dengan prostability, dibaurkan dengan kebijakan fiskal yang akomodatif dan prudent serta stabilitas sektor jasa keuangan untuk mengantisipasi berbagai ketidakpastian global yang terjadi, mulai dari risiko inflasi hingga ketegangan geopolitik.

"Kita akan mengalami volatilitas pasar keuangan pada tahun depan, yang memang akan lebih tinggi dibandingkan tahun ini. Risiko-risiko tersebut memang tidak terelakkan," ungkap Dede.

Dia menambahkan bahwa ada beberapa risiko yang harus diwaspadai. Sebelumnya, dunia sudah menghadapi risiko pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir 100%. Dan saat ini ada risiko yang berasal dari ketegangan geopolitik akibat perang Rusia-Ukraina. 

Hal inilah yang menyebabkan sejumlah harga komoditas naik cepat sekali di tingkat dunia, tapi karena volatilitasnya tinggi, perencanaannya tidak mudah. Situasi ini dikhawatirkan justru akan memicu terjadinya inflasi, yang kemudian akan mendorong kenaikan harga sejumlah barang.

"Secara garis besar, fundamental ekonomi nasional masih dalam kondisi positif, namun ada beberapa risiko yang mungkin terjadi sebagai akibat geopolitik di tingkat global yang harus diwaspadai," pungkas Dede mengakhiri percakapan. (Rel)

KOMENTAR

BLOGGER

JAKARTA


HUKUM

Nama

Aceh #Tenggelam Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singgkil Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Asahan Badak Banten Bakti Sosial Bali Balikpapan Banda Aceh Bandar Lampung Bandung Banjar Banjir Banten Banteng Banyumas Batu Bekasi Bencana Alam Berita Pilihan Berita Utama Bhayangkari Bireun BNN BNPT Bogor Boyolali BPJS BRI Budaya Catatan Redaksi Ciamis Cilacap Cilegon Daerah Dandim Demo Depok Desa DPDRI Ekonomi Foto Foto Video Garut Gaya Hidup Gayahidup Gayo Lues Gemar Hankam Headliene Headline Headline. Hiburan HSN Hukum HUT Bhayangkara HUT RI Idul Adha Ikan Indro Tjahyono Info Covid-19 Infrakstruktur Infrastruktur Insfrastrktur Insfrastruktur Intelijen Internasional Iternasional Jakarta Jalan Jalan Macet Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Tengah TNI Jawa Timur Jayapura Jepang Joneponto Jumat Bersih Kalimantan Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Kappija Karya Bakti Katingan KCK Kebakaran Kebudayaan Kebumen KEDIRI Kedsehatan Kejaksaan Negeri Aceh Singkil Kemanunggalan Kemendes Kementan Kendari Kerawang Kesehatan KIP Aceh Singkil Kolaka Komsos Komunikasi Sosial Konawe Selatan Kontruksi Korban Konflik Korea Selatan Korupsi Kota Tebing Tinggi Kotim KPK KPU Ksehatan Kuala Baru Lampung Lampung Selatan Langsa Lebak Legislatif Lhokseumawe Lingkungan Lowongan Wartawan Magelang Magetan Makan Malang Maluku Manado Maroko Mataram Medan Meulaboh MTQ Mukti Jaya Nabire Nagan Raya Narkoba Nasional Nasuonal NTB Oku Selatan Olagraga Olah Raga Olahraga Opini Organisasi Ormas Padang Palalawan Pamekasan Pandeglang Papua Papua Barat Parawisata Pasca Bencana Pasca Bencana Alam Pati Patroli Peemrintahan Pekalongan Peletakan Pemalang Pemerintah Pemerintah Desa Pemerintahan Penanggalan Pendididkan Pendidikan Penekanan Penghijauan Peraih Perikanan Peristiwa Peristiwa Aceh Perkebunan Pers Persit Pertama Pertanian Perustia Peternakan Pilek PKB Politik Politik Headline Polres Aceh Utara Polri Poltik Pontianak Poso PPWI Pramuka Presiden Jokowi Prestasi Profil PT Latinusa Tbk PT PLB PT Socfindo PT Socfindo Kebun Lae Butar PT.PLB PT.Socfindo Puisi Pulau Banyak Purbalingga Purbalinnga Purwokerto Purworejo PWI Rabat Ragam Rakyat Rapid Test Riau RSUD Aceh Singkil Rundeng Sanggau Semarang Sengketa Lahan Seoul Serang Sijunjung Simpang Kiri Singkawang Singkohor Sosial Sosialisasi Subulussalam Sukarejo Sulawesi Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sultan Daulat Sumatera Barat Sumatera Selatan Sumatera Utara Sumedang Sumut Surabaya Surakarta Tanggerang Tasikmalaya Tegal Terkini TMMD TNI Tobasa Tokoh Ucapan HUT RI Ucapan Idul Fitri Ucapan Selamat Ucapan Selamat HUT KE 75 RI Unjuk Rasa Video Wisata wisata budaya Yogyakarta Yonif Raeder 301 Yonif Raeder 301/PKS Ziarah
false
ltr
item
NKRITERKINI.COM: Pemerhati Ekonomi Jelaskan Kemungkinan Resesi 2023
Pemerhati Ekonomi Jelaskan Kemungkinan Resesi 2023
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgk3ST1sZbHj6qUCPFQPCEMlT1LvhKQtQq-yfnAwQ49oTQE6jePPUcpZo0VMW1Te-VQZ-zmQv80HiACYz7bGebEe6hMMlMFGMwDZ1UOkEPn3sk6IHVPIXMluZSsEXV_O-uakEohOxeHAt80QPaz7jJkZEv-iofjdmMI-cuN5fj3tyZa5TJ1oXevD7JTww=w640-h288
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgk3ST1sZbHj6qUCPFQPCEMlT1LvhKQtQq-yfnAwQ49oTQE6jePPUcpZo0VMW1Te-VQZ-zmQv80HiACYz7bGebEe6hMMlMFGMwDZ1UOkEPn3sk6IHVPIXMluZSsEXV_O-uakEohOxeHAt80QPaz7jJkZEv-iofjdmMI-cuN5fj3tyZa5TJ1oXevD7JTww=s72-w640-c-h288
NKRITERKINI.COM
https://www.nkriterkini.com/2022/09/pemerhati-ekonomi-jelaskan-kemungkinan.html
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/2022/09/pemerhati-ekonomi-jelaskan-kemungkinan.html
true
6142316263983909778
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy