Keterampilan Komunikasi Sosial Aparat Wujudkan Kondusifitas Kamtibmas

BANDUNG - Setiap manusia pada dasarnya merupakan mahluk sosial, artinya tidak ada seorangpun yang mampu mandiri, melainkan satu sama lain sa...

BANDUNG - Setiap manusia pada dasarnya merupakan mahluk sosial, artinya tidak ada seorangpun yang mampu mandiri, melainkan satu sama lain saling membutuhkan. Oleh karenanya dalam melaksanakan peran sosialnya, ia akan berinteraksi dengan satu dan lainnya.

Dalam konteks inilah setiap orang membutuhkan kemampuan 'komunikasi' agar bisa berinteraksi dengan yang lainnya. Apalagi bagi orang yang mengemban peran dan fungsi yang menuntut kemampuan komunikasi dengan baik, maka keterampilan komunikasi menjadi keahlian utama yang harus dimilikinya.

Inilah yang disebut dengan komunikasi sosial yaitu komunikasi seseorang dengan yang lainnya dalam melkukan interaksi sosial dalam kehidupan empiriknya. Baik dalam konteks pelaksanaan tugas pekerjaan ataupun untuk memenuhi kebutuhan dan kewajiban lainnya.

Aktifitas interaksi sosial dalam bentuk komunikasi tersebut dilakukan bisa secara verbal atau non verbal maupun simbolis. Komunikasi sosial yang banyak dilakukan untuk meningkatkan kohesi sosial dan bersifat sugestif biasanya disebut Komunikasi Persuasif, yaitu komunikasi yang bersifat mengajak seseorang atau sekelompok orang untuk bersikap dan bertindak sesuai dengan harapannya. 

Oleh karena itu kemampuan komunikasi sosial bagi pengemban fungsi pembina kewilayahan sangat diperlukan sebagai media untuk menjalin komunikasi secara efektif dengan masyarakat, sehingga akan terwujud suatu kesepahaman untuk turut serta wujudkan kondusifitas kamtibmas di wilayahnya masing – masing. 

"Disinilah peran personil Binmas di Polri sangat penting sekali," kata Dede Farhan Aulawi di Bandung, Senin (12/9).

Hal tersebut ia sampaikan saat berbincang – bincang di kediamannya terkait dengan pentingnya kemampuan dalam melakukan komunikasi sosial bagi pengemban fungsi pembinaan masyarakat untuk melakukan pembinaan wilayah yang efektif. 

Dede sendiri selama ini termasuk orang yang begitu getol dan rajin dalam melakukan pembinaan masyarakat di berbagai wilayah dan berbagai komunitas kemasyarakatan meskipun dia sendiri bukanlah aparatur yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan hal tersebut.

Baginya panggilan pengabdian untuk bangsa dan negara tidak harus dikerangkeng oleh baju atau kewajiban, melainkan sebuah panggilan hati untuk turut serta berpartisipasi dalam membangun dan memelihara kamtibmas.

Menurutnya, komunikasi sosial pada dasarnya merupakan proses yang diselenggarakan dan berhubungan dengan perencanaan dan kegiatan untuk memelihara serta meningkatkan keeratan hubungan dengan masyarakat guna terwujudnya saling pengertian dan kebersamaan yang memungkinkan timbulnya keinginan masyarakat untuk berpartisipasi dalam mewujudkan kamtibmas yang aman dan tenteram.

Kepemimpinan dan Komunikasi Sosial merupakan seni dan kecakapan aparatur untuk menyelami, menghubungi, mempengaruhi serta mengajak masyarakat untuk sama – sama menjaga keamanan dan ketertiban wilayah. Jika ada sesuatu yang dianggap mengganggu, melanggar atau mengancam keamanan lingkungannya, mka Polri akan tampil untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan pada masyarakat. Jika pendekatan persuasif tidak diindahkan, maka tentu akan ada tindakan akhir (untimum remedium) yaitu penegakan hukum. 

Jadi apa yang harus dilakukan oleh personil Binmas Polri pada dasarnya adalah harus memahami terlebih dahulu apa – apa yang ingin disampaikan dan dijelaskan kepada publik (product knowledge). 

Setelah itu bicara soal metodologi dan sistematika penyampaian yang tercermin dari apa yang disebut dengan keterampilan komunikasi sosial. Jika ini bisa terlaksana dengan baik maka akan terbangun suasana kebatinan alias chemistry dalam kehidupan bermasyarakat.

Para pengemban fungsi pembina masyarakat termasuk para kasatwilnya berkewajiban mengatur segala sesuatu yang berkenaan dengan fungsi yang berada dibawahnya meliputi petunjuk pembinaan, petunjuk teknik serta petunjuk administrasi. 

Tehnis pelaksanaan fungsi tersebut salah satunya melaksanakan komunikasi sosial yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan antara Polri dengan seluruh lapisan masyarakat. 

"Dengan demikian maka kemampuan komunikasi sosial aparatur kewilayahan perlu senantiasa ditingkatkan dalam pelaksanaan tugasnya, sehingga dapat memperlancar pembinaan masyarakat untuk berperan aktif dan turut serta dalam mewujudkan kamtibmas lingkungan yang kondusif. Memang tidak ada yang sekali jadi seperti membalikan telapak tangan. Semua pasti butuh proses, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi untuk mengetahui hal – hal apa saja yang menjadi hambatan, dan hal – hal apa yang harus dipertahankan atau harus diperbaiki. Disinilah satu sama lain, setiap elemen masyarakat hendaknya turut serta mewujudkan apa yang menjadi cita – cita nasional sesuai dengan kemampuan masing – masing masyarakat. Jangan biarkan negara berjalan sendiri tanpa peran serta warga negaranya," pungkas Dede. (Rel)

KOMENTAR

BLOGGER

JAKARTA


HUKUM

Nama

Aceh #Tenggelam Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singgkil Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Asahan Badak Banten Bakti Sosial Bali Balikpapan Banda Aceh Bandar Lampung Bandung Banjar Banjir Banten Banteng Banyumas Batu Bekasi Bencana Alam Berita Pilihan Berita Utama Bhayangkari Bireun BNN BNPT Bogor Boyolali BPJS BRI Budaya Catatan Redaksi Ciamis Cilacap Cilegon Daerah Dandim Demo Depok Desa DPDRI Ekonomi Foto Foto Video Garut Gaya Hidup Gayahidup Gayo Lues Gemar Hankam Headliene Headline Headline. Hiburan HSN Hukum HUT Bhayangkara HUT RI Idul Adha Ikan Indro Tjahyono Info Covid-19 Infrakstruktur Infrastruktur Insfrastrktur Insfrastruktur Intelijen Internasional Iternasional Jakarta Jalan Jalan Macet Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Tengah TNI Jawa Timur Jayapura Jepang Joneponto Jumat Bersih Kalimantan Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Kappija Karya Bakti Katingan KCK Kebakaran Kebudayaan Kebumen KEDIRI Kedsehatan Kejaksaan Negeri Aceh Singkil Kemanunggalan Kemendes Kementan Kendari Kerawang Kesehatan KIP Aceh Singkil Kolaka Komsos Komunikasi Sosial Konawe Selatan Kontruksi Korban Konflik Korea Selatan Korupsi Kota Tebing Tinggi Kotim KPK KPU Ksehatan Kuala Baru Lampung Lampung Selatan Langsa Lebak Legislatif Lhokseumawe Lingkungan Lowongan Wartawan Magelang Magetan Makan Malang Maluku Manado Maroko Mataram Medan Meulaboh MTQ Mukti Jaya Nabire Nagan Raya Narkoba Nasional Nasuonal NTB Oku Selatan Olagraga Olah Raga Olahraga Opini Organisasi Ormas Padang Palalawan Pamekasan Pandeglang Papua Papua Barat Parawisata Pasca Bencana Pasca Bencana Alam Pati Patroli Peemrintahan Pekalongan Peletakan Pemalang Pemerintah Pemerintah Desa Pemerintahan Penanggalan Pendididkan Pendidikan Penekanan Penghijauan Peraih Perikanan Peristiwa Peristiwa Aceh Perkebunan Pers Persit Pertama Pertanian Perustia Peternakan Pilek PKB Politik Politik Headline Polres Aceh Utara Polri Poltik Pontianak Poso PPWI Pramuka Presiden Jokowi Prestasi Profil PT Latinusa Tbk PT PLB PT Socfindo PT Socfindo Kebun Lae Butar PT.PLB PT.Socfindo Puisi Pulau Banyak Purbalingga Purbalinnga Purwokerto Purworejo PWI Rabat Ragam Rakyat Rapid Test Riau RSUD Aceh Singkil Rundeng Sanggau Semarang Sengketa Lahan Seoul Serang Sijunjung Simpang Kiri Singkawang Singkohor Sosial Sosialisasi Subulussalam Sukarejo Sulawesi Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sultan Daulat Sumatera Barat Sumatera Selatan Sumatera Utara Sumedang Sumut Surabaya Surakarta Tanggerang Tasikmalaya Tegal Terkini TMMD TNI Tobasa Tokoh Ucapan HUT RI Ucapan Idul Fitri Ucapan Selamat Ucapan Selamat HUT KE 75 RI Unjuk Rasa Video Wisata wisata budaya Yogyakarta Yonif Raeder 301 Yonif Raeder 301/PKS Ziarah
false
ltr
item
NKRITERKINI.COM: Keterampilan Komunikasi Sosial Aparat Wujudkan Kondusifitas Kamtibmas
Keterampilan Komunikasi Sosial Aparat Wujudkan Kondusifitas Kamtibmas
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg5R8uj0uiJOY2Gzs8oNTksv_3x0d-J5kI3LtZEUWCyOzBnFNpKL6T75MIlt20THJt2qe6uoCwdzzAnP3xDyP0oszAfLIqN1JTQIeevBdySN8EjZc_ZJ97a4AkUhhJwM4Fv9M0OPftmGWnc5LoJFUmTorFnmb34okluD3VZtrPh_WK7Ur91OG6vlfdTTA=w640-h288
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg5R8uj0uiJOY2Gzs8oNTksv_3x0d-J5kI3LtZEUWCyOzBnFNpKL6T75MIlt20THJt2qe6uoCwdzzAnP3xDyP0oszAfLIqN1JTQIeevBdySN8EjZc_ZJ97a4AkUhhJwM4Fv9M0OPftmGWnc5LoJFUmTorFnmb34okluD3VZtrPh_WK7Ur91OG6vlfdTTA=s72-w640-c-h288
NKRITERKINI.COM
https://www.nkriterkini.com/2022/09/keterampilan-komunikasi-sosial-aparat.html
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/2022/09/keterampilan-komunikasi-sosial-aparat.html
true
6142316263983909778
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy