-->

PT Socfindo Kebun Lae Butar Kembali Kerahkan Alat Berat Bantu Pemkab Aceh Singkil Bersihkan Tumpukan Sampah di Gunung Meriah

Redaksi NKRI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL- PT Socfindo Kebun Lae Butar kembali mengerahkan alat berat untuk membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil membersihkan tumpukan sampah di kawasan Kecamatan Gunung Meriah, pada Senin (29/8/2022). 

Pengurus PT Socfindo Kebun Lae Butar, Hugo Napitupulu mengatakan alat berat berupa Bachoe Loader dikerahkan untuk membantu masyarakat dan Pemkab Aceh Singkil (Dinas Lingkungan Hidup) dalam mengatasi permasalahan sampah yang menumpuk hingga menyeruak ke badan jalan di belakang terminal Tipe B Desa Sianjo-anjo Meriah menuju Simpang Gang Bencong DesaTunas Harapan yang sudah sangat meresahkan masyarakat sekitar. 

BACA JUGA:
Pj Bupati Aceh Singkil: Tumpukan Sampah di Jalan Belakang Terminal Tipe B Desa Sianjo-anjo Meriah Menuju Simpang Gang Bencong Sudah Dibersihkan https://www.singkilterkini.net/2022/08/pj-bupati-aceh-singkil-tumpukan-sampah.html

Hugo menyebutkan sampah yang dikumpulkan tersebut dibawa menggunakan alat angkut milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh untuk dibawa ke Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Kampung Baru, Kecamatan Singkil Utara. 

"Kegiatan yang kita laksanakan ini juga termasuk bagian dari program CSR PT Socfindo Kebun Lae Butar dibidang lingkungan," kata Hugo yang ikut didampingi Askep PT Socfindo Kebun Lae Butar, Satria Winata, Selasa (30/8/2022). 

Sebelumnya kata Hugo, pada Senin 23 Agustus 2022, PT Socfindo Kebun Lae Butar juga mengerahkan alat berat Bachoe Loader untuk membantu Pemkab Aceh Singkil (Dinas Lingkungan Hidup) mengatasi tumpukan sampah dikawasan Kampung Lae Butar atau tepatnya di Jalan lintas antara Pekan Harian Lae Butar menuju UPTD Puskesmas Gunung Meriah. 

BACA JUGA:
PT Socfindo Kebun Lae Butar Kerahkan Alat Berat Bersihkan Tumpukan Sampah di Jalan Menuju Puskesmas Gunung Meriah https://www.singkilterkini.net/2022/08/pt-socfindo-kebun-lae-butar-kerahkan.html

Hugo juga mengajak masyarakat untuk ikut serta berperan aktif dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan bebas dari sampah, sehingga masyarakat juga hidup sehat. 

Upaya DLH Aceh Singkil Kedepan

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Singkil, Masdiana mengatakan pembersihan tumpukan sampah di pinggir jalan dikawasan Desa Sianjo-anjo Meriah maupun dikawasan Desa Lae Butar dilakukan bukan kali pertama, tetapi sudah berulang kali dilakukan. 

"Ini bukti bahwa sudah kita bersihkan yang kesekian kalinya. Jika kedepannya ada sampah bertumpuk lagi haruskah menjadi tanggung jawab dinas lagi? Dimana peran masyarakat dan pemerintah desa untuk menjaga lingkungannya," ujar Masdiana. 

Saat disinggung terkait upaya Pemkab Aceh Singkil dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup untuk mengatasi permasalahan sampah tertuma di kawasan pemukiman padat penduduk. 

Masdiana menyebutkan salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan sampah dilokasi padat penduduk adalah dengan melakukan pemilahan sampah di rumah tangga berdasarkan jenis sampahnya. 

"Jika masing-masing rumah tangga sudah mengelola sampahnya, sampah bukan lagi menjadi masalah. Tetapi akan menjadi sumber penghasilan," ugkapnya. 

"InshaAllah kedepan akan kita sosialisasikan kepada pemerintah desa untuk mengelola sampah melalui BUMDES dengan membentuk Bank Sampah Unit," tambahnya. 

Sedangkan untuk pemasaran hasil dari Bank Sampah, kata Masdiana, pihaknya juga sudah terkoneksi dengan Bank Sampah di Sumatera Utara. 

"Dengan kerjasama dan kepedulian kita bersama, masalah sampah akan teratasi. Bersama kita bisa, bersama kita kuat, kita mulai dari hal yang kecil, kita mulai dari sekarang, kita mulai dari diri sendiri untuk mengelola sampah kita sendiri untuk bumi yang lebih baik dan untuk Aceh Singkil bermartabat bebas sampah kedepan," sebutnya. 

Masyarakat Diminta Tak Buang Sampah Sembarangan

Pejabat (PJ) Bupati Aceh Singkil, Marthunis, mengimbau masyarakat dapat disiplin dalam membuang sampah, dan tidak sembarangan, terutama di pinggir jalan.  

"Mari, kita sama-sama disiplin dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kebersihan merupakan tanggung jawab bersama," ujarnya Marthunis, Selasa (30/8/2022). 

BAJA JUGA: 
PJ Bupati Aceh Singkil Imbau Masyarakat Untuk Tidak Buang Sampah Sembarangan 

Intinya, kata Marthunis, yang membuat Aceh Singkil bersih atau kotor adalah warga Aceh Singkil sendiri. 

"Karena itu, kita seharusnya memilih untuk menjadikan Aceh Singkil Bersih dan Asri dengan tidak membuang sampah sembarangan," tambahnya.(Jamal/Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya,

Berita Terkini