-->


 

Kodim 0109 Aceh Singkil Gelar Upacara Bendera Bulanan

Redaksi NKRI

ACEH SINGKIL - Kodim 0109/Aceh Singkil melaksanakan Upacara Bendera Bulanan yang di lakukan setiap tanggal 17 tiap bulannya di Lapangan hijau Makodim 0109/Aceh Singkil, Desa Ketapang Indah, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Senin (18/07/2022).

Dalam pelaksanaan Upacara 17 bulan ini bertindak sebagai inspektur upacara Dandim 0109/Aceh Singkil Letkol Czi Rizal Desriansyah, M.Tr (Han), Komandan Upacara Danramil 06/Singkohor Kapten Inf L. Simamora dan sebagai Perwira Upacara Pasi Pers Kodim 0109/Aceh Singkil Kapten Inf B. Sinuhaji. Upacara bulanan ini di ikuti oleh seluruh anggota prajurit Jajaran Kodim 0109/Aceh Singkil.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Dr. Dudung Abdurachman yang di bacakan oleh inspektur upacara menyampaikan, "saya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas berbagai prestasi dan hal positif telah berhasil diraih oleh prajurit dan satuan TNI AD".

Satu hal yang perlu diingat bahwa ancaman Non-Militer di masa depan akan banyak memberi tekanan kepada survivability suatu bangsa, yang salah satunya adalah ketahanan pangan. menyikapi hal tersebut, saya juga telah mengeluarkan instruksi kepada satuan jajaran TNI AD agar memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif guna membantu masyarakat sekitar dan menjaga ketahanan pangan nasional.

Hal lain yang juga ingin saya sampaikan pada kesempatan ini adalah rentannya negara kita terhadap berbagai bencana alam, yang salah satu adalah bencana kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, khususnya di wilayah pulau sumatera dan kalimantan. Karhutla telah menjadi bencana luar biasa yang dapat berdampak kepada lingkungan hidup dan ekosistem, termasuk dampak lainnya di bidang sosial ekonomi.

Laksanakan deteksi dini, patroli mandiri dan patroli terpadu bersama polri, polisi kehutanan, pemerintah daerah serta masyarakat. Disamping itu, laksanakan sosialisasi kepada masyarakat, dirikan posko siaga pengendalian kebakaran hutan dan lahan, apel siaga serta pelatihan bagi prajurit dan masyarakat. Itulah upaya-upaya penting dan bermanfaat yang dapat kita lakukan untuk mengatasi berbagai permasahan yang terjadi di lingkungan kita sekaligus mampu memberikan solusi.

Pada amanatnya KASAD juga menyampaikan beberapa penekanan diantaranya. 

Pertama, tingkatkan naluri intelijen khususnya di daerah operasi.

Kedua, prajurit harus menguasai medan operasi, tipologi wilayah dan karakteristik wilayah masing-masing. 

Ketiga, laksanakan pembinaan personel secara terukur untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi.

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya,

Berita Terkini