-->

Dandim Aceh Singkil Hadiri Kegiatan Peduli Stunting

ACEH SINGKIL – Komandan Kodim 0109/Aceh Singkil Letkol Czi Rizal Desriansyah, M.Tr (Han) hadiri kegiatan Peduli Stunting yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Negeri Aceh Singkil dalam rangka peringati hari Bhakti Adhyaksa ke 62 tahun 2022 bertempat di Desa Gosong Telaga Timur, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (20/07/2022).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Singkil Muhammad Husaini, SH. MH., beserta Ibu Ny. Puput Husaini, Bupati Aceh Singkil diwakili Asisten 3 Hj.Ir Safitri Dharma, Ketua DPRD Aceh Singkil Hasanuddin Ari Tonang, Sekretaris Kesehatan Aceh Singkil Hariyono SKM, Kadis Perkebunan Zulkifli .SP, Kapala Bank BPD Aceh Hendra Gunawan, SE, Camat Singkil Utara Asnaldi, S.hut Msi, Kapolsek Singkil Utara diwakili Bripka Agus Setiawan, Danpos Ramil Singkil Utara Serka Hermandani, Babinsa Serda Dede Azhari, Kapustu UPTD Puskesmas Singkil Utara Dokter Tri Patriyuni, CDO-Humas PLB Astra Teguh AW beserta Staf, Seluruh Kepala Desa (Geucik) Sekecamatan Singkil Utara, Seluruh Staf Kejaksaan Negeri Aceh Singkil, Perangkat Desa Kampung Baru dan Masyarakat Penerima Manfaat Posyandu Desa Gosong Telaga Timur.

Stunting sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Mulai saat bayi berada di kandungan ibu hingga proses tumbuh kembang setelah dilahirkan, agar perkembangan anak baik perkembangan otak dan seluruh organ tubuh anak berkembang secara optimal sesuai dengan perkembangan usia anak. 

Faktor yang menyebabkan perawakan pendek antara lain status gizi ibu, tidak cukup protein dalam proporsi total asupan kalori, pola pemberian makan kepada anak, kebersihan lingkungan dan angka kejadian infeksi di awal kehidupan seorang anak. Selain itu, juga dapat disebabkan oleh faktor genetik dan hormonal. Akan tetapi, sebagian besar perawakan pendek disebabkan oleh malnutrisi.

Permasalahan stunting harus di perhatikan serta harus selalu menjaga pola hidup sehat dikarenakan anak-anak merupakan masa depan bangsa dan berharap kepada kader posyandu harus lebih berperan aktif, agar permasalahan stunting ini tidak terjadi di Kabupaten Aceh Singkil.

Dandim 0109/Aceh Singkil Letkol Czi Rizal Desriansyah, M.Tr (Han) berharap semoga dengan adanya kegiatan seperti ini bisa memberikan pengetahuan pada seluruh masyarakat akan dampak atau bahayanya bila anak kekurangan asupan gizi karena dapat mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak.

"Saya sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya acara ini, semoga dengan terlaksananya acara ini dapat tercipta kerjasama dan komitmen dari seluruh pihak yang hadir dalam menanggulangi permasalahan Stunting di Wilayah Kabupaten Aceh Singkil secara bersama sama," ungkap Letkol Czi Rizal Desriansyah, M.Tr Han.

"Stunting menjadi masalah kesehatan di Indonesia, stunting tidak hanya mengenai pertumbuhan anak yang terhambat akan tetapi berkaitan juga dengan perkembangan otak yang kurang maksimal, Kami sangat berharap kepada seluruh Instansi dan stacholder di Wilayah Kabupaten Aceh Singkil untuk bersama-sama berkomitmen untuk melakukan aksi pencegahan stunting di Wilayah Kabupaten Aceh Singkil. Diharapkan kegiatan Posyandu di Desa-desa harus mendapatkan perhatian utama yang lebih serius, agar aktifitas dan penyampaian informasi tentang gizi kepada ibu-ibu terus dilakukan melalui kegiatan di Posyandu," pungkas Dandim.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil

Baca Juga

View Comments

Komentar

Berita Menarik Lainnya


NKRITERKINI.COM - NETWORK

Support by: NKRI Terkini

Ikuti Berita Terbaru