-->

Abrasi Wisata Pantai Cemara Indah di Aceh Singkil Meluas

Redaksi NKRI

ACEH SINGKIL - Wisata Pantai Cemara Indah (PCI) di Desa Gosong Telaga Selatan, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh rusak akibat abarasi karena cuaca buruk. Bahkan, sejumlah lokasi tempat pengunjung di tepi pantai cemara ini rusak. 

"Abrasi ini sudah berlangsung lama. Ini (abrasi) sudah mengikis bibir pantai puluhan meter," kata seorang pengelola wisata Pantai Cemara Indah bernama Sukardi, Minggu (3/7/2022). 

Ia melanjutkan bahwa Abrasi ini disebabkan cuaca buruk, terutama pada saat terjadinya musim ombak (barat dan timur) membuat abrasi semakin parah.

"Seperti yang terjadi pagi tadi, sejumlah gubuk milik para pedagang atau penjual makanan dan minuman ditetapi pantai mengalami kerusakan," ujarnya.

Sukardi berharap pemerintah daerah, provinsi dan pemerintah pusat untuk dapat bersinergi dalam mencegah abrasi pantai cemara indah semakin meluas, salah satunya dengan membangun tanggul pemecah ombak.

Apalagi, kata Sukardi, jarak bibir pantai dengan pemukiman penduduk juga sudah sangat dekat.

Berdasarkan pantauan Singkilterkini.net, hampir sepanjang pantai cemara indah mengalami abrasi bahkan sejumlah pohon aru yang sebelumnya berdiri kokoh ikut tumbang.

Tak hanya iyu, beberapa tempat atau gubuk milik pedagang di sekitar tepi pantai cemara juga mengalami kerusakan.

Abrasi yang terjadi di pantai cemara indah atau pantai kebangaan masyarakat Aceh Singkil ini juga menyebabkan penurunan jumlah pengunjung yang datang ke lokasi pantai ini. 

"Kita berharap kepada pemerintah untuk segera melakukan upaya pencegahan agar abrasi pantai cemara indah tidak meluas," ujar Sekretaris PPWI Aceh Singkil Asyuhar Fandi saat ditemui dilokasi Pantai Cemara Indah.

Apalagi, kata Fandi, Pantai Cemara Indah termasuk salah satu objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun dari luar Aceh Singkil.(Jamal/Red)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya,

Berita Terkini