-->

Anggota Kodim Aceh Singkil Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

ACEH SINGKIL – Anggota Kodim 0109/Aceh Singkil mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual di Aula Teuku Umar Makodim 0109 Aceh Singkil, Rabu 1 Juni 2022.

Upacara ini dipimpin oleh Pasi Pers Kodim 0109/Aceh Singkil Kapten Inf Bahagia Sinuhaji dan ikut dihadiri oleh Perwira Staf dan Anggota Kodim 0109/Aceh Singkil.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 yang dipusatkan di Ende, Nusa Tenggara Timur, mengambil tema, "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia".

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya mengajak seluruh anak-anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan telah mempersatukan.

Pancasila, kata Presiden,  jugatelah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara Indonesia bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat berlandaskan pada Pancasila.

"Saya selalu ingat kan kita harus betul-betul mengamankan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan dalam tata kelola pemerintahan dan jika menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa ini lah tugas kita bersama tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi oleh seluruh tumpah darah Indonesia," ujar Presiden.

"Dan saya mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin, dan tokoh-tokoh serta para pemimpin-pemimpin teladan menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan," tambahnya.

Sementara itu, Pasi Pers Kodim 0109/Aceh Singkil Kapten Inf Bahagia Sinuhaji juga menyampaikan kita harus menunjukan semangat sebagai generasi penerus bangsa agar kedepan kita bisa mengilhami nilai-nilai pancasila sebagai landasan ideologi bangsa dan negara.

"Diharapkan, hal ini dapat menjadi momentum yang baik dalam mempersatukan dan memperkokoh jati diri Bangsa serta mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,"ujarnya.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil

Baca Juga

View Comments

Komentar

Berita Menarik Lainnya


NKRITERKINI.COM - NETWORK

Support by: NKRI Terkini

Ikuti Berita Terbaru