-->

Stand Inovasi Kodim Ciamis Tampilkan Inovasi Teknologi Karya Siswa SMK

GARUT - Stand Inovasi Kodim 0613 Ciamis tampilkan inovasi teknologi Karya Siswa SMK pada Apel Komandan Satuan Jajaran Kodam III/Siliwangi
 Acara tersebut digelar di Desa Sukawargi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (23/5/2022).

Pameran Inovasi Teknologi yang diikuti oleh Kodim 0613/Ciamis ditinjau langsung oleh Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Kuntor Arief Wibowo, S.I.P., dan para pejabat Kodam III/Siliwangi.

Kedatangan Pangdam III/Siliwangi di stand Inovasi Teknologi Kodim 0613/Ciamis seusai memimpin Apel Komandan Satuan Jajaran Kodam III/Siliwangi.

Inovasi Teknologi yang ditampilkan Kodim 0613/Ciamis merupakan hasil karya siswa SMKN 2 Banjar yang merupakan bagian daerah binaan. 

Inovasi yang ditampilkan berupa Sistem Kran Wudhu Otomatis dan Robot Bluetooth Ultrasonik.

Untuk Sistem kerja alat kran wudhu otomatis dengan memanfaatkan panel surya bersumber dari tenaga surya/matahari dan dikonversikan untuk menjadi listrik. Sehingga dapat mengoperasikan alat Kran Wudhu Otomatis menggunakan sensor gerak.

Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., mengatakan, inovasi teknologi itu merupakan hasil karya adik-adik siswa SMKN 2 Banjar yang merupakan binaan Kodim 0613/Ciamis. 

Sistem kran wudhu otomatis ini, sambungnya, sangat berguna dan praktis serta air dalam bak penampungan dapat terkontrol.

"Kami sangat bangga dengan keberaniannya menampilkan inovasi maju seiring dengan perkembangan informasi dan teknologi yang terjadi dewasa ini. Tak kalah penting, inovasi 'Sistem Kran Wudhu Otomatis' jika dikembangkan dalam sekala besar akan sangat bermanfaat jika di terapkan di instasi perkantoran dan rumahan," kata Dandim Ciamis.

Dandim menuturkan, inovasi siswa SMKN 2 Banjar ini juga bermanfaat dalam penghematan sumber daya alam. Karena penggehatan sumber daya alam ini sangat diperlukan, baik di lingkungan rumah tangga maupun lebih luas.

"Penggunaan tangki air yang digunakan untuk menampung air dapat mengurangi penggunaan energi listrik dan menyediakan pasokan air secara berkelanjutan. Penggunaan kran otomatis juga punya andil yang cukup besar dalam penghematan air ketika tingkat kepedulian seseorang kurang baik," tutur Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Tidak hanya alat Sistem Kran Wudhu Otomatis, binaan Kodim 0613/Ciamis dari SMKN 2 Banjar juga menampilkan inovasi teknologi berupa robot bluetooth ultrasonik. 

Kata Dandim, inovasi dari SMKN 2 Ciamis keduanya di coba sacara langsung oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Dandim berharap inovasi teknologi dari siswa SMKN 2 Banjar dapat dikembangkan atau digunakan dalam jumlah massal sehingga upaya penghematan energi sumber daya alam tumbuh pada diri masyarakat. Hingga nantinya semua orang sadar dan memahami untuk bisa ikut serta mendukung penghematan sumber daya alam dan beralih pada listrik bertenaga surya.

"Produksi massal yang dilakukan tentunya memberikan kepuasan dan kebanggaan para siswa generasi penerus bangsa untuk terus berkarya menciptakan inovasi mengikuti dengan perkembangan zaman. Sehibgga para generasi penerus bangsa tidak malu untuk berinovasi agar lebih maju dan Indonesia tidak akan tertinggal dengan perkembangan zaman," pungkasnya.

Sumber: Kodim 0163 Ciamis

Baca Juga

View Comments

Komentar

Berita Menarik Lainnya


NKRITERKINI.COM - NETWORK

Support by: NKRI Terkini

Ikuti Berita Terbaru