-->

Dandim Ciamis: Kampung Pancasila Sebagai Pangkal Menghadapi Ancaman, Tantangan dan Tuntutan yang ada di depan kita

BANJAR - Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi,S.I.P.M.I.POL.,bersama Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, S.I.P., M.Si., meresmikan kampung Pancasila Satgas Pamtas RI - Malaysia Yon armed 5 di Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (30/5/2022).

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Wali Kota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih dan pemotongan Tumpeng oleh Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Dandim dalam sambutannya mengatakan, Peresmian Kampung Pancasila dilaksanakan dalam rangka Latihan Pratugas armed 5 di wilayah Kodim Ciamis. 

"Kita menjadikan Kampung Pancasila yang berada di wilayah ini sebagai pangkal dalam menghadapi seluruh ancaman, tantangan maupun tuntutan yang ada di depan kita," kata Dandim.

Dengan adanya kemajemukan, keanekaragaman budaya, agama, bahasa maupun lainnya bukan menjadi penghalang kemajuan bangsa Indonesia, akan tetapi potensi yang sangat besar itu dapat dipergunakan untuk meraih kemajuan serta kejayaan bangsa dan negara.

Kampung Pancasila lanjut Dandim, adalah sebuah julukan yang diberikan oleh masyarakat. Sehingga, dengan suasana harmonis dan sikap toleransi beragama yang dilakukan, warga mengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri guna kelangsungan hidup, aktualisasi diri untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketergantungan antara lain lewat komunikasi yang menghibur dan memupuk hubungan dengan orang lain.

Melalui komunikasi sosial, kata Dandim, bisa bekerjasama dengan aparat pemerintah, baik keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi, RT, RW, Desa, kota dan negara secara keseluruhan untuk mencapai tujuan bersama.

"Dapat dikatakan bahwa dalam kehidupan komunikasi adalah persyaratan yang utama dalam kehidupan manusia dengan seperti itu komunikasi sosial sangat penting dalam kehidupan manusia pada umumnya untuk membantu berinteraksi dengan sesama karena manusia tercipta sebagai makhluk sosial," katanya.

"Kampung Pancasila bertujuan untuk menunjang tugas Yon Armed 5 di perbatasan kalimatan dengan malaysia.pelaksanaan latihan di,daerah banjar di pilih karena berbatasan langsung dengan jateng sehingga cocok dengan medan tugas yang sebenarnya di kalimantan," paparnya.

Sementara itu Walikota Banjar Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, S.I.P., M.Si., menyampaikan, dukungan dan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada Yon armed 5 mencetuskan Kampung Pancasila di desa Mekarmukti.

Dia berharap bisa mengulas kembali tata cara berkehidupan yang sesuai dengan butir-butir Pancasila seperti keagamaan, kerakyatan, persatuan dan keadilan yang selalu kita tanamkan.

Peresmian Kampung Pancasila juga dihadiri As Ops Kasdam III/Slw Kolonel Inf Patar Mospa Natanael Sitorus, Kawasdal Pratugas Kolonel Inf Eka Oktavian Wahyu C.(Kabaglat Rindam lll/Slw, Katimlai Pratugas, Letkol Inf M. Nasrudin Kabagjianbang Rindam III/Slw, Pabandyalat Sopsdam lll/Slw, Letkol Inf Eka A. InAugusti, Kapolres Banjar AKBP. Ardiyaningsih, S.I.K, Kasiopslat Pratugas, Mayor Inf Augustiar Kasirenopslat Baglat Rindam III/SKap, Danramil 1325/Lgn Mayor Inf Drs Agung Subekti, Kasipamlat Pratugas Kapten Inf NurwidodSus, Camat Pataruman Camat Pataruman Jaenal Aripin,S.STP.,M.Si dan Kades Sukamukti Budi Hartono.

Sumber: Kodim 0163 Ciamis

Baca Juga

Headline|Jawa Barat|TNI|
View Comments

Komentar

Berita Menarik Lainnya


NKRITERKINI.COM - NETWORK

Support by: NKRI Terkini

Ikuti Berita Terbaru