-->

Amankan Objek Wisata Dandim Ciamis Patroli di Laut Pangandaran

NKRITERKINI.COM,PANGANDARAN – Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Arisandi, SIP., M.I.Pol  bersama Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat, SH, SIK, Danpos TNI-AL Pangandaran Kapten Laut KH, Agus Wadyo Handoko beserta Satpolairud Pangandaran melakukan patroli jalur perairan di Laut Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (8/5/2022). 

Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Arisandi mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengamanan dan pemantauan pengunjung atau wisatawan di Objek Wisata Pantai Pangandaran. 

Patroli perairan dilakukan dengan menggunakan Kapal Polisi VIII-2431 yang bertolak dari Pelabuhan Cikidang Babakan (Pantai Barat) Pangandaran menuju perairan pantai barat hingga pantai timur Pangandaran. 

Dalam kegiatan ini, kata Dandim, para petugas ikut memberikan himbauan kepada pengunjung atau wisatawan untuk mentaati rambu-rambu saat melakukan aktivitas berenang. 

"Kepada wisatawan dihimbau untuk menggunakan alat bantu renang berupa bugy boat atau papan selancar terutama pada saat melakukan aktivitas renang," ujarnya.

Disamping itu, wisatawan juga dihimbau untuk tidak melakukan berenang terlalu jauh ke tengah atau berenang di area berbahaya yang di tandai dengan bendera larangan berenang.

"Petugas juga menghimbau wisatawan untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19," sebutnya. 

Letkol inf Wahyu Alfiyan menambahkan,  pihaknya melakukan patroli perairan bersama dengan pihak-pihak terkait secara rutin di pantai timur dan barat Pangandaran setiap hari selama libur lebaran. 

"Ini sebagai bentuk mengantisipasi kejadian yang dimungkinkan terjadi di wilayah perairan," katanya. 

Menurut Dandim, pengunjung wisata pada Sabtu 7 Mei 2022 berkisar 48 ribu wisatawan, jumlah ini mengalami penurunan signifikan jika dibanding dengan jumlah pengunjung wisata pada H+2 Idul Fitri yang berkisar hingga 166 ribu wisatawan. 

"Jika dilihat dari H+1 ada kenaikan cukup meningkat pada H+2 sampai 166 ribu pengunjung dan hari ini terpantau masih berkisar 48 ribu pengunjung dimungngkinkan waktu libur lebaran memang sudah akan selesai, sehingga arus balik pengunjung akan membludak untuk mempersiapkan diri masuk kerja pada tanggal 9 Mei 2022," jelasnya. 

Sementara itu, sambungnya, arus lalin di kawasan objek wisata pantai Pangandaran maupun di jalur wisata saat ini terpantau lancar. 

Dalam Patroli bersama ini juga diikuti oleh Wakapolres Pangandaran Kompol Aris Baya, S.H, Kasubag Ren Polres Pangandaran AKP Wahyu H, Kasi Propam Polres Pangandaran Ipda Ridwan, Kasi Keuangan Polres Pangandaran Aipda Suntono. 

Sumber: Kodim 0613 Ciamis

Baca Juga

Jawa Barat|TNI|
View Comments

Komentar

Berita Menarik Lainnya


NKRITERKINI.COM - NETWORK

Support by: NKRI Terkini

Ikuti Berita Terbaru