-->

Vaksinasi Booster di Puskesmas Gunung Meriah, Babinsa: Antusias Warga Cukup Tinggi

Redaksi NKRI

ACEH SINGKIL - Dalam upaya pencapaian target vaksinasi tahap ke tiga (booster) kepada masyarakat, Koptu Dedi Nasprianto Babinsa Koramil 03/Gunung Meriah Kodim 0109/Aceh Singkil melaksanakan pendampingan pada kegiatan vaksinasi yang di laksanakan di Puskesmas Gunung Meriah, Desa Lae Butar, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (07/04/2022).

Vaksin Booster merupakan vaksinasi pelengkap pada vaksin Covid-19 setelah mendapat vaksinasi primer dosis lengkap yaitu dosis tahap pertama dan tahap kedua, dengan tujuan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan dalam menghadapi varian Omicron.

Dalam pelaksanaannya terlihat antusias warga dalam menerima vaksin booster di bulan Ramadhan ini tanpa harus di himbau dari rumah ke rumah, kesadaran yang timbul pada masyarakat ini mendapat apresiasi dari Babinsa sebagai aparat Komando kewilayahan di Wilayah Kecamatan Gunung Meriah pada warganya.

"Tingkat kehadiran masyarakat dalam melakukan vaksin tahap ketiga atau booster ini perlu di acungkan jempol, di bulan Ramadhan ini dengan kesadarannya mereka antusias melaksanakan booster," ujar Kopda Suprianto.

Selanjutnya Kopda Suprianto juga menyampaikan kepada masyarakat penerima vaksin booster, Meskipun sudah mendapatkan vaksin booster bukan berarti kebal dari virus Corona dan berbagai variannya.

Vaksin booster hanya melindungi dari risiko rawat inap, kematian dan penyakit serius akibat Covid-19. Jadi, penting untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan secara teratur, dan menjaga jarak dengan orang lain.

Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah melaksanakan vaksin booster, diantaranya, Merokok dan minum alkohol, karena bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Hindari melakukan aktivitas fisik yang berat, setidaknya selama 2-3 hari setelah menerima vaksin booster karena tubuh memerlukan waktu untuk pulih dari efek samping vaksin booster.

Sementara efek samping seperti nyeri dan ketidaknyamanan pada lengan atau kelelahan wajar terjadi setelah vaksin. Biasanya kondisi tersebut bisa mereda dalam beberapa hari.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya,

Berita Terkini