Dahsyat! Materi Pelatihan Dasar Jurnalistik Online Sesi-3 DPN-PPWI dan FIKOM UMT Bikin Melek

West Yorkshire, Inggris - Pelatihan Dasar Jurnalistik Online Sesi 3 yang diinisiasi DPN-PPWI bekerjama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIK...

West Yorkshire, Inggris - Pelatihan Dasar Jurnalistik Online Sesi 3 yang diinisiasi DPN-PPWI bekerjama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Mpu Tantular (UMT) telah dilaksanakan di Jakarta, Sabtu (26/02/2022). 

Kegiatan yang berlangsung amat dasyat melalui zoom meeting ini dipandu para narasumber yang memberikan materi yang sangat luar biasa.

Kenapa dahsyat? Karena selain para narasumber yang piawai dalam bidangnya masing-masing, materi yang diberikan betul-betul membuat peserta pelatihan 'melek ilmu'. 

Materi pertama disampaikan Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A., selaku Ketua Umum DPN-PPWI, Alumni PPRA-48 Lemhanas RI Tahun 2012 dan Pengelola Media dengan topik 'Bahasa Indonesia dalam Jurnalistik'. 

Materi kedua disampaikan Mung Pujanarko, S.Sos., M.I.Kom., selaku Dosen Ilmu Komunikasi dan Penulis di beberapa media dengan topik 'Tehnik Penulisan Berita'.

Sementara materi ketiga disampaikan Danny PH Siagian, S.E., M.M., selaku Jurnalis dan Praktisi Jurnalistik, dengan topik 'Editing Berita dan Foto'. 

Dalam arahan materinya, Ketua Umum DPN PPWI, Wilson Lalengke mengkritik tajam tulisan-tulisan para jurnalis, baik yang profesional maupun yang baru memulai karir dalam hal kurang pandai memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar apalagi yang berkaitan dengan tanda baca seperti tanda 'titik' dan 'koma' dalam tulisan mereka. 

"Sangat disayangkan, masih banyak sekali ditemukan penulisan berita yang belum memenuhi standar Bahasa Indonesia yang benar. Saya mengingatkan, kepada para jurnalis baik senior maupun yang baru memulai karirnya, bahwa penulisan kaidah dan tata bahasa yang baik dan benar sangat penting dalam sebuah tulisan," paparnya.

Sementara itu, seorang peserta dari Inggris, Teguh Santosa, sangat miris dengan fenomena saat ini. 

Ia sering melihat tulisan dengan menggunakan bahasa asing dengan ejaan yang salah dan seolah-olah bahasa asing itulah bahasa yang benar.

"Padahal, hal tersebut berakibat fatal dalam artian si penulis telah membunuh bahasa Indonesia yaitu bahasa si penulis itu sendiri," ujar Teguh.

Para peserta semakin 'melek' mendengarkan penjelasan narasumber Mung Pujarnako tentang bagaimana membuat struktur penulisan sebuah berita, khususnya konsep 'Piramida Terbalik' dan tehnik 'Menulis Berita Cepat  (MBC) atau Quick News. 

Quick News adalah tehnik yang biasa digunakan para jurnalis/ wartawan ketika tidak punya banyak waktu untuk meliput sebuah peristiwa. 

"Mereka harus cepat membuat sebuah tulisan dengan menuliskan momen-momen yang dianggap penting dengan menggunakan sekitar 150 kata dan hanya dalam waktu 5-10 menit saja. Sungguh luar biasa menurut saya," tutur Teguh.

Selain itu, dalam materi ketiga yang membahas soal editing. Editing adalah proses memperbaiki berita yang ditulis tergesa-gesa sehingga menjadi sebuah tulisan menjadi yang dapat dibaca. 

"Proses editing sangat penting dilakukan guna menghindari terjadinya kesalahan informasi, menghindari keluhan yang mungkin akan merugikan pihak lain juga menghindari tuntutan hukum yang mungkin terkait," ujar Danny dalam pelatihan tersebut.

Hal-hal tersebut sangat penting diperhatikan dan ditingkatkan keahliannya bagi seorang jurnalis. Penyajian berita juga akan lebih akurat dan menarik jika didukung dengan foto yang diberi keterangan secukupnya (Caption). 

Demikian penjelasan Danny PH Siagian sebagai narasumber terakhir yang membawakan materi Editing Berita dan Foto. 

Kegiatan dimulai pada jam 12.30 WIB. Peserta mulai memasuki ruang Zoom Meeting hingga pukul 13.00 WIB dimana acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang kemudian dibuka secara resmi oleh ketua DPN PPWI bapak Wilson Lalengke. 

Peserta semakin melek dan kenyang dengan semua materi yang diberikan dalam pelatihan dasar jurnalistik hari ini yang berdurasi kurang lebih sekitar 4 jam.

Setelah mendengarkan penjelasan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh narasumber melalui google form yang telah disediakan. Kemudian acara menjadi bertambah semarak karena di sela-sela pelatihan, panitia telah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan quiz berhadiah yang dipandu oleh ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., selaku Dosen Ilmu Komunikasi dan pemandu acara. 

Yang menarik pada pelatihan kali ini adalah pesertanya selain berasal dari kota-kota di pulau Sumatera, Jawa dan sekitarnya, sebagian besar peserta yang berpartisipasi dalam pelatihan ini berdomisili di kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara bahkan ada peserta yang berdomisili di Inggris. Luar biasa semangat dan motivasi mereka untuk menambah ilmu dan keahlian dalam bidang jurnalistik. Acara berjalan lancar dan memuaskan semua pihak. 

Diakhir acara diadakan penyerahan sertifikat pelatihan secara simbolik dari perwakilan DPN-PPWI, Danny PH Siagian kepada wakil peserta pria dan wanita. 

Panitia juga mengumumkan akan diadakannya Pelatihan Dasar Jurnalistik Online Sesi-4 yang bisa diikuti lagi bagi peserta yang ingin menambah ilmu jurnalistik. 

Pendalaman materi jurnalistik akan diberikan kepada 10 orang peserta terbaik yang mengirimkan karya tulis mereka sebagai tugas akhir pelatihan. (TG007/Red)

KOMENTAR

BLOGGER

JAKARTA


HUKUM

Nama

Aceh #Tenggelam Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singgkil Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Asahan Badak Banten Bakti Sosial Bali Balikpapan Banda Aceh Bandar Lampung Bandung Banjar Banjir Banten Banteng Banyumas Batu Bekasi Bencana Alam Berita Pilihan Berita Utama Bhayangkari Bireun BNN BNPT Bogor Boyolali BPJS BRI Budaya Catatan Redaksi Ciamis Cilacap Cilegon Daerah Dandim Demo Depok Desa DPDRI Ekonomi Foto Foto Video Garut Gaya Hidup Gayahidup Gayo Lues Gemar Hankam Headliene Headline Headline. Hiburan HSN Hukum HUT Bhayangkara HUT RI Idul Adha Ikan Indro Tjahyono Info Covid-19 Infrakstruktur Infrastruktur Insfrastrktur Insfrastruktur Intelijen Internasional Iternasional Jakarta Jalan Jalan Macet Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Tengah TNI Jawa Timur Jayapura Jepang Joneponto Jumat Bersih Kalimantan Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Kappija Karya Bakti Katingan KCK Kebakaran Kebudayaan Kebumen KEDIRI Kedsehatan Kejaksaan Negeri Aceh Singkil Kemanunggalan Kemendes Kementan Kendari Kerawang Kesehatan KIP Aceh Singkil Kolaka Komsos Komunikasi Sosial Konawe Selatan Kontruksi Korban Konflik Korea Selatan Korupsi Kota Tebing Tinggi Kotim KPK KPU Ksehatan Kuala Baru Lampung Lampung Selatan Langsa Lebak Legislatif Lhokseumawe Lingkungan Lowongan Wartawan Magelang Magetan Makan Malang Maluku Manado Maroko Mataram Medan Meulaboh MTQ Mukti Jaya Nabire Nagan Raya Narkoba Nasional Nasuonal NTB Oku Selatan Olagraga Olah Raga Olahraga Opini Organisasi Ormas Padang Palalawan Pamekasan Pandeglang Papua Papua Barat Parawisata Pasca Bencana Pasca Bencana Alam Pati Patroli Peemrintahan Pekalongan Peletakan Pemalang Pemerintah Pemerintah Desa Pemerintahan Penanggalan Pendididkan Pendidikan Penekanan Penghijauan Peraih Perikanan Peristiwa Peristiwa Aceh Perkebunan Pers Persit Pertama Pertanian Perustia Peternakan Pilek PKB Politik Politik Headline Polres Aceh Utara Polri Poltik Pontianak Poso PPWI Pramuka Presiden Jokowi Prestasi Profil PT Latinusa Tbk PT PLB PT Socfindo PT Socfindo Kebun Lae Butar PT.PLB PT.Socfindo Puisi Pulau Banyak Purbalingga Purbalinnga Purwokerto Purworejo PWI Rabat Ragam Rakyat Rapid Test Riau RSUD Aceh Singkil Rundeng Sanggau Semarang Sengketa Lahan Seoul Serang Sijunjung Simpang Kiri Singkawang Singkohor Sosial Sosialisasi Subulussalam Sukarejo Sulawesi Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sultan Daulat Sumatera Barat Sumatera Selatan Sumatera Utara Sumedang Sumut Surabaya Surakarta Tanggerang Tasikmalaya Tegal Terkini TMMD TNI Tobasa Tokoh Ucapan HUT RI Ucapan Idul Fitri Ucapan Selamat Ucapan Selamat HUT KE 75 RI Unjuk Rasa Video Wisata wisata budaya Yogyakarta Yonif Raeder 301 Yonif Raeder 301/PKS Ziarah
false
ltr
item
NKRITERKINI.COM: Dahsyat! Materi Pelatihan Dasar Jurnalistik Online Sesi-3 DPN-PPWI dan FIKOM UMT Bikin Melek
Dahsyat! Materi Pelatihan Dasar Jurnalistik Online Sesi-3 DPN-PPWI dan FIKOM UMT Bikin Melek
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEipp81mzEb8Mbmwcc0lPR7YMQv63U4FujwNfa8BinBmaxIu2ZJZqufOqIgvIp03rQ1sBNa6QDFdT21u1s8DyY1UZ7EwghnqbjI8qJyRERpiRMS8m9zJNgyDdkGI--2eaNzWAKEXE86vQ4knq4Astoysq-QLgClBCtz5B_w5v-74EPlkSZ__Gz2oAnViuw=w640-h384
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEipp81mzEb8Mbmwcc0lPR7YMQv63U4FujwNfa8BinBmaxIu2ZJZqufOqIgvIp03rQ1sBNa6QDFdT21u1s8DyY1UZ7EwghnqbjI8qJyRERpiRMS8m9zJNgyDdkGI--2eaNzWAKEXE86vQ4knq4Astoysq-QLgClBCtz5B_w5v-74EPlkSZ__Gz2oAnViuw=s72-w640-c-h384
NKRITERKINI.COM
https://www.nkriterkini.com/2022/03/dahsyat-materi-pelatihan-dasar.html
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/2022/03/dahsyat-materi-pelatihan-dasar.html
true
6142316263983909778
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy