Berdamai, Suriyani dan Heru Cabut Laporan di Polisi

ACEH SINGKIL -  Kasus saling lapor antara Suriyani (Ibu rumah tangga), warga Desa Pandan Sari Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil...

ACEH SINGKIL - Kasus saling lapor antara Suriyani (Ibu rumah tangga), warga Desa Pandan Sari Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil dengan Asisten Afdeling II PT Socfindo Kebun Lae Butar, Heru Triadi Syahputra Damanik yang sempat viral di media sosial berakhir damai. 

Suriyani maupun Heru Triadi Syahputra Damanik juga sudah mencabut laporan atas dugaan tindak pidana penganiyaan yang sudah terlanjur dilaporkan ke Polsek Gunung Meriah, pada Rabu 6 Oktober 2021. 

Proses penandatanganan berkas pencabutan laporan itu pun dilakukan secara resmi di ruang pertemuan Polsek Gunung Meriah Polres Aceh Singkil, pada Senin  11 Oktober 2021, malam. 

Suriyani



Sebelum mencabut laporan, kedua belah pihak juga ikut menandatangani surat perjanjian kesepakatan damai secara Kampung atau Desa.

Baca Juga: Didampingi Suami, Ibu Rumah Tangga Temui Asisten Afdeling II PT Socfindo Kebun Lae Butar

Penandatangan surat perjanjian kesepakatan damai yang difasilitasi langsung oleh Pemerintah Desa Pandan Sari digelar di Aula Polsek Gunung Meriah, pada Senin 11 Oktober 2021. 

Surat perjanjian kesepakatan damai itu selain ditandatangani oleh kedua belah pihak diatas materai 10.000, juga ditandatangani 4 saksi yakni Dani Anto, Satria Winata, Sulis dan Samuel Sihombing serta ikut di ketahui oleh Pj Kepala Kampung Desa Pandan Sari, Ibrahim. 

Heru Triadi Syahputra Damanik



Dalam surat perjanjian damai itu, kedua belah pihak sepakat untuk berdamai secara Kampung atau Desa, dan mereka juga telah menyesali perbuatan atas kejadian pada Rabu 6 Oktober 2021. 

Mereka juga bersedia saling meminta maaf, dan apabila menggulangi perbuatannya siap untuk diproses secara hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Disamping itu, setelah surat perjanjian damai itu ditandatangani, maka tidak akan ada lagi tuntut menuntut di kemudian hari. Apalagi, kesepakatan itu dibuat atas kemauan kedua belah pihak.

Pj Kepala Desa Pandan Sari, Ibrahim (Tengah).


 Pada saat penandatanganan surat perjanjian damai itu, juga disaksikan diantaranya Kapolsek Gunung Meriah Iptu Syahril, Kepala Pabrik PT Socfindo Kebun Lae Butar, Masriadi dan juga ikut diliput langsung oleh pihak pers. 

Cabut Laporan 

Setelah dilakukan penandatanganan Surat Perjanjian Damai yang difasilitasi oleh Pemerintah Kampung Pandan Sari Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. 

Heru Triadi Syahputra maupun   Suriyani mengajukan surat permohonan pencabutan laporan pengaduan dan surat permohonan tidak dilanjutkan ke proses Pengadilan yang ditujukan ke Kapolsek Gunung Meriah. 

Surat permohonan yang ditandatangani oleh masing - masing pelapor pada Senin 11 Oktober 2021 itu juga ikut diketahui oleh Pj Kepala Kampung Pandan Sari, Ibrahim. 

Tanggapan Kapolsek 

Kapolsek Gunung Meriah, Itu Syahril



Dalam penegakkan hukum, kata Syahril, tidak semuanya perkara atau kasus yang dilaporkan  harus berakhir dipengadilan. "Apalagi, bapak Kapolri juga sudah mengeluarkan bahwasanya dikedepankan kasus yang ringan itu diselesaikan secara restorative justice. Upaya ini juga satu wujud kegiatan masyarakat untuk melaksanakan restorative justice," ujarnya. 

Syahril juga menyambut bahagia terhadap masyarakat yang berkonflik tersebut bisa berdamai serta saling mencabut laporan atau perkara. 

Apalagi, kata Syahril, dalam Qanun Aceh juga disebutkan ada 18 perkara yang bisa diselesaikan oleh desa, salah satunya seperti ini atau konflik dari masyarakat ke masyarakat yang bisa diselesaikan di Desa. 

Untuk yang berdamai, sambungnya  bukan hanya damai cabut perkara, tetapi harus betul-betul damai, sehingga nantinya bisa jadi satu keluarga, tidak ada konflik lagi yang kedepannya dapat menimbulkan konflik yang lebih besar lagi. 

"Intinya, bukan hanya damai pencabutan perkara, tapi perdamaian mereka juga harus menyeluruh baik ke mereka maupun ke orang yang lain," ungkapnya. 

Kapolsek juga berharap, pasca pencabutan laporan tersebut tidak ada lagi pihak-pihak lain yang ikut campur, apalagi permasalah tersebut sudah selesai. 

Sebaliknya, kata Syahril, alangkah baik dan bijaknya semua pihak merasa nyaman. Sehingga, tidak ada rasa ketakutan kemana mana, ataupun rasa was-was. 

"Kepada masyarakat ini satu langkah restorative justice yang memang baik untuk di contoh, dan diharapkan agar semua masyarakat juga melakukan pengecekan kembali apabila ada permasalahan perselisihan yang hanya kadarnya kecil harap bisa diselesaikan dulu di Desa, jangan ujung-ujungnya langsung lapor ke polisi, sehingga menimbulkan stetmen yang tidak tidak, itu merugikan diri sendiri dan orang lain," harap dan jelasnya.

PT Socfindo Kebun Lae Butar Apresiasi Kesepakatan Damai

Pengurus PT Socfindo Kebun Lae Butar, Hugo Napitupulu



Pengurus PT Socfindo Kebun Lae Butar Hugo Napitupulu menyampaikan ikut bersuka cita dan mengapresiasi bahwa dapat terjalin hubungan kekeluargaan kembali antara PT Socfindo Kebun Lae Butar dengan Ibu Suriyani secara khusus, keluarga serta masyarakat Pandan Sari secara umum. 

Baca Juga: Asisten Afdeling II PT Socfindo Kebun Lae Butar Bantah Pukul Ibu Rumah Tangga

Hugo berharap agar kedepannya dapat hidup baik dan berdampingan, serta saling membantu antara yang satu dengan yang lainnya. 

Tidak hanya itu, Ia juga mengajak kepada para pihak agar tidak terprovokasi dengan oknum-oknum yang biasanya hanya mencari keuntungan di dalam kesempatan yang ada. 

Pihaknya juga berharap, dengan adanya kesepakatan damai tersebut, permasalahan antara Heru dengan Suriyani tidak ada lagi atau berakhir. 

Apalagi, kata Hugo, dari awal Suryani juga sudah menyampaikan bahwa Heru tidak ada melakukan pemukulan terhadap dirinya, hanya saja masalah komunikasi saja yang terkesan dipelintir di media sosial. 

"Kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh oknum-oknum yang mencari kesempatan dalam kesempitan, dan marilah kita berpikir dulu sebelum bertindak supaya tidak adalagi terjadi permasalahan seperti yang baru-baru ini terjadi," harapnya. 

Kepala Pabrik PT. Socfindo Kebun Lae Butar, Masriadi

Sementara, Kepala Pabrik PT Socfindo Kebun Lae Butar, Masriadi menegaskan bahwa proses perdamaian antara Heru Triadi Syahputra dengan Suriyani tidak ada unsur paksaan dari pihak manapun termasuk dari kedua belah pihak.

Proses perdamaian tersebut, tambah Masriadi, juga ikut dituangkan dalam surat perjanjian kesepakatan damai yang ikut disaksikan dan ikut mengetahui Kepala Desa Pandan Sari dengan harapan terciptanya kembali hubungan yang harmonis antara masyarakat dengan Perusahaan PT Socfindo Kebun Lae Butar

Bahkan kedua belah pihak, sambungnya, juga sudah melakukan pencabutan laporan pengaduan yang pernah mereka laporkan di Polsek Gunung Meriah. 

Masriadi juga berharap agar proses perdamaian tersebut dapat didukung oleh semua pihak. (JML/RED)

KOMENTAR

BLOGGER

JAKARTA


HUKUM

Nama

Aceh #Tenggelam Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singgkil Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Asahan Badak Banten Bakti Sosial Bali Balikpapan Banda Aceh Bandar Lampung Bandung Banjar Banjir Banten Banteng Banyumas Batu Bekasi Bencana Alam Berita Pilihan Berita Utama Bhayangkari Bireun BNN BNPT Bogor Boyolali BPJS BRI Budaya Catatan Redaksi Ciamis Cilacap Cilegon Daerah Danau Paris Dandim Demo Demokrat Depok Desa DPDRI Ekonomi Foto Foto Video Garut Gaya Hidup Gayahidup Gayo Lues Gemar Gunung Meriah Hadline Hankam Headliene Headline Headline. HeadlineTNI Hiburan HSN Hukum HUT Bhayangkara HUT RI Idul Adha Ikan Indro Tjahyono Info Covid-19 Infrakstruktur Infrastruktur Insfrastrktur Insfrastruktur Intelijen Internasional Iternasional Jakarta Jalan Jalan Macet Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Tengah TNI Jawa Timur Jayapura Jepang Jerusalem Joneponto Jumat Bersih Kalimantan Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Kappija Karya Bakti Katingan KCK Kebakaran Kebudayaan Kebumen KEDIRI Kedsehatan Kejaksaan Negeri Aceh Singkil Kemanunggalan Kemendes Kementan Kendari Kerawang Kesehatan KIP Aceh Singkil Kolaka Komsos Komunikasi Sosial Konawe Selatan Kontruksi Korban Konflik Korea Selatan Korupsi Kota Tebing Tinggi Kotim KPK KPU Ksehatan Kuala Baru Lampung Lampung Selatan Langsa Lebak Legislatif Lhokseumawe Lhoksumawe Libanon Lingkungan Lowongan Wartawan Magelang Magetan Makan Malang Maluku Manado Maroko Mataram Medan Meulaboh MTQ Mukti Jaya Nabire Nagan Raya Narkoba Nasional Nasuonal NTB Nunukan Oku Selatan Olagraga Olah Raga Olahraga Opini Organisasi Ormas Padang Palalawan Pamekasan Pandeglang Papua Papua Barat Parawisata Pasca Bencana Pasca Bencana Alam Pati Patroli Peemrintahan Pekalongan Peletakan Pemalang Pemekasan Pemerintah Pemerintah Desa Pemerintahan Penanggalan Pendididkan Pendidikan Penekanan Penghijauan Peraih Perikanan Peristiwa Peristiwa Aceh Perkebunan Pers Persit Pertama Pertanian Perustia Peternakan Pilek PKB Politik Politik Headline Polres Aceh Utara Polri Poltik Pontianak Poso PPWI Pramuka Presiden Jokowi Prestasi Profil PT Latinusa Tbk PT PLB PT Socfindo PT Socfindo Kebun Lae Butar PT.PLB PT.Socfindo Puisi Pulau Banyak Purbalingga Purbalinnga Purwokerto Purworejo PWI Rabat Ragam Rakyat Rapid Test Riau RSUD Aceh Singkil Rundeng Sanggau Semarang Sengketa Lahan Seoul Serang Sijunjung Simpang Kiri Singkawang Singkil Singkohor Sosial Sosialisasi Subulussalam Sukarejo Sulawesi Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sultan Daulat Sumatera Barat Sumatera Selatan Sumatera Utara Sumedang Sumut Surabaya Surakarta Suro Makmur Tanggerang Tasikmalaya Tebing Tinggi Tegal Terkini TMMD TNI Tobasa Tokoh Tripoli Ucapan HUT RI Ucapan Idul Fitri Ucapan Selamat Ucapan Selamat HUT KE 75 RI Unjuk Rasa Video Wisata wisata budaya Yogyakarta Yonif Raeder 301 Yonif Raeder 301/PKS Ziarah
false
ltr
item
NKRITERKINI.COM: Berdamai, Suriyani dan Heru Cabut Laporan di Polisi
Berdamai, Suriyani dan Heru Cabut Laporan di Polisi
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjWgf4F5-pe-PI8amA8ZWUa8qtqM0fbMtLnwRieILXxyr1aP9jPWky62_KM8760Es7s9BdfAZtZzfd1E1ewHEmg0uueMIB2btgtDMupWuhkh4cVVk-JrDuCEzeSfubHDVClnB-z8oUUWWk3sL3uvc7XJnoLEmY1kJAKO70Rs86U8CIf4mvcnIpYO92L=w640-h288
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjWgf4F5-pe-PI8amA8ZWUa8qtqM0fbMtLnwRieILXxyr1aP9jPWky62_KM8760Es7s9BdfAZtZzfd1E1ewHEmg0uueMIB2btgtDMupWuhkh4cVVk-JrDuCEzeSfubHDVClnB-z8oUUWWk3sL3uvc7XJnoLEmY1kJAKO70Rs86U8CIf4mvcnIpYO92L=s72-w640-c-h288
NKRITERKINI.COM
https://www.nkriterkini.com/2021/10/berdamai-suriyani-dan-heru-cabut.html
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/2021/10/berdamai-suriyani-dan-heru-cabut.html
true
6142316263983909778
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy