-->

Ketua IDI Aceh Singkil Sebut Vaksin COVID-19 Aman

 

ACEH SINGKIL- Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Aceh Singkil, dr Darul Amany, MARS, SpPK, termasuk salah satu dari sepuluh orang pertama di Kabupaten Aceh Singkil yang divaksin COVID-19 buatan Sinovac. 

Darul mengatakan sejak pertama pemerintah menetapkan Pendemi COVID-19 sebagai bencana nasional non alam semua daerah sudah mewanti-wanti termasuk Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Singkil. 

Dan sekarang, kata Darul, virus yang sangat berbahaya itu sudah menyebar hingga ke wilayah pedesaan. Sehingga Pendemi COVID-19 ini telah memberikan dampak kepada perekonomian dunia dan juga kita.  "Pandemi COVID-19 juga berpengaruh seperti pada bidang sosial, parawisata dan pendidikan," ujar Darul kepada Singkilterkini.net, Selasa (16/2/2021). 

Karenanya kata dia, pencanangan vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan pada Rabu 10 Febuari 2021 sebagai salah suatu upaya untuk mengurangi transmisi penyebarannya Virus COVID-19. 

Darul yang juga menjabat sebagai Kabid Pelayanan RSUD Aceh Singkil menjelaskan kekebalan kelompok nantinya dapat dilakukan dengan vaksinasi secara keseluruhan dan akan lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan pengobatan. 

Diingatkannya, kedepan masyarakat tidak perlu lagi ragu dengan vaksin COVID-19. Kata dia, dirinya juga sudah membuktikan bahwa vaksin COVID-19 tersebut aman. Karenanya, Darul sangat mendukung dilaksanakannya vaksinasi di Kabupaten Aceh Singkil. 

Darul mengungkapkan, setelah dirinya menjalani vaksinaai tidak ada hal aneh yang dirasakan."Alhamdulillah, semuanya biasa-biasa saja bahkan mungkin yang menyuntiknya juga bagus, itu pengalaman saya jadi nggak terasa sakit setelah saya divaksin. Saya pastikan aman-aman saja," tegasnya. 

Untuk itu, Darul mengajak kepada seluruh masyarakat di Labupy Aceh Singkil untuk dapat bersama-sama mensukseskan vaksin COVID-19 sebagaimana yang telah diprogramkan oleh pemerintah. Nantinya tambah Darul, setelah dilakukan vaksinasi masyarakat juga diharapkan untuk tetap tenang dan tidak panik. Karena memang vaksin bertujuan untuk melindungi kita dan orang-orang disekitar kita sehingga penyebaran penyakit COVID-19 dapat dicegah. 

"Saya harapkan, jika ada vaksinasi COVID-19 maka sebaiknya untuk diikuti karena lebih baik kita divaksin daripada terjangkit Virus COVID-19," sebutnya. 

Mudah-mudahan, harapnya, dengan adanya Vaksinasi COVID-19 ini dapat membantu memutus mata rantai penyebaran COVID-19 khususnya di wilayah Kabupaten Aceh Singkil. 

Walaupun sudah mengikuti vaksinasi COVID-19, sambungnya, kita harus tetap taat dan patuh serta disiplin dengan protokol kesehatan serta ikut menciptakan suasana psikologis yang aman tidak panik dan biasa-biasa saja. 

Apalagi, tambahnya, para tenaga kesehatan (Nakes) di RSUD Aceh Singkil sejak beberapa hari terakhir ini sudah mengikuti vaksinasi COVID-19. "Alhamdulillah, sampai hari ini juga aman dan tidak ada didapati gejala-gejala yang berbahaya untuk para nakes," ujarnya. 

Darul juga menambahkan bahwa mereka yang tidak di vaksin memiliki resiko tiga kali lebih tinggi terserang COVID-19 dibandingkan mereka yang telah divaksin. (Red/F)

Baca Juga

Aceh|Aceh Singkil|Headline|Kesehatan|
View Comments

Komentar

Berita Menarik Lainnya


NKRITERKINI.COM - NETWORK

Support by: NKRI Terkini

Ikuti Berita Terbaru