PPWI


Polisi

Puluhan Hewan Kurban Disembelih di Desa Sukarejo

Redaksi NKRI
Saturday, August 1, 2020, August 01, 2020 WIB Last Updated 2020-08-01T10:29:23Z

NKRITERKINI.COM, ACEH SINGKIL - Suasana ramai terlihat di tempat penyembelihan hewan kurban di Kampung / Desa Sukarejo, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, Sabtu (1/8/2020).

Di Kampung Sukarejo ini, sejak pagi para warga berkumpul di halaman Gudang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Dusun Tengah Rejo, Desa Sukarejo, Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil.

Mereka berkumpul untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban, yang setiap tahunnya dilakukan oleh warga pada saat perayaan Hari Raya Idul Adha.

Tidak tanggung-tanggung, pada perayaan Idul Adha 1441Hijriah di Desa Sukarejo, panitia penyembeliham hewan kurban menerima titipan hewan kurban dari warga, yakni 15 hewan kurban yang terdiri dari 8 Sapi dan 7 Kambing.

Dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah hewan kurban yang dititipkan kepada panitia penyembelihan juga mengalami peningkatan.

Pantauan, para warga terlihat membantu proses pemotongan hewan kurban, mulai dari proses penyembelihan, menguliti, pemisahan daging dengan tulang, hingga memasukan kedalam plastik sebelum dibagikan kepada warga Sukarejo.

Tidak hanya itu, Prosesi pemotongan hewan kurban itu pun, sempat menjadi tontonan bagi warga sekitar. Para warga menyaksikan secara langsung dan ada juga yang ikut mengabadikan momen itu dengan menggunakan ponsel milik mereka

Panitia Kurban H. Gimin mengatakan, setiap tahunnya jumlah titipan hewan kurban mengalami peningkatan.

"Alhamdulillah, setiap tahun jumlah hewan kurban yang dititipkan warga selalu meningkat," kata Gimin yang ikut didampingi Imam Masjid Baiturrahman, Suci Hariadi dan Kepala Desa Sukarejo, Alem, di Desa Sukarejo, Sabtu 1 Agustus 2020.

Sementara itu, Kepala Desa Sukarejo, Alem menuturkan, pada tahun sebelumnya tempat pemotongan hewan kurban digelar di halaman Masjid Baiturahman Sukarejo.

"Dikarenakan halaman Masjid Baiturahman seluruhnya sudah terpasang Paping Blok, maka pihak panitia Kurban memindahkan lokasi/tempat penyembelihan hewan kurban di depan Gudang Bumdes Sukarejo," ujar Alem.

Alem menambahkan, setiap hari perayaan Hari Raya Idul Adha, masyarakat di Desa Sukarejo juga sangat antusias, bahkan untuk warga yang melakukan proses pemotongan pun tidak diminta oleh panitia, melainkan bersedia secara masing-masing.

"Setiap kurban mereka juga datang sendiri, sambil membawa alatnya masing-masing," ujar Alem. (FT/Red)
Komentar

Tampilkan

Terkini