Wabah Virus Corona, Ancaman Bagi Mahasiswa dan Perguruan Tinggi

NKRITERKINI.COM , PANDEGLANG - Arif, salah satu Mahasiswa Universitas Math'laul Anwar jurusan Teknik Sipil yang juga penggagas be...


NKRITERKINI.COM, PANDEGLANG - Arif, salah satu Mahasiswa Universitas Math'laul Anwar jurusan Teknik Sipil yang juga penggagas berdirinya Kumala Perwakilan Pandeglang menyoroti persoalan kebijakan-kebijakan kampus yang dinilai kurang selaras dan memperhatikan keadaan para mahasiswanya di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Seharusnya, dalam situasi pandemi virus corona atau Covid-19 yang sedang melanda berbagai negara maju dan berkembang di dunia termasuk Indonesia, pihak kampus harus bisa lebih memperhatikan dan memihak kepada mahasiswa dalam membuat sebuah kebijakan.

Seperti yang sudah kita ketahui mulai merebaknya wabah virus corona, yang akhirnya mengubah kuliah tatap muka menjadi kuliah daring. Sebenarnya bukan isu besar, Karena harusnya memang bisa dilakukan dan tidak masalah banyak dosen dan mahasiswa, hakikatnya mudah melakukan kuliah dengan berbagai model.

Baik itu melalui video conference, google classroom, email atau grup WA sekalipun, semua bisa dilakukan. "Jadi, soal akademik tidak problem. Tapi justru, problemnya di soal fasilitas," kata Arif dalam keterangan tertulisnya melalui Messenger WhatsApp kepada Nkriterkini.com, Selasa (12/5/2020).

Kenapa problemnya difasilitas? Harusnya pihak kampus sudah mengetahui letak dan biografi setiap mahasiswanya, yang mana tidak semua mahasiswa mudah untuk melakukan system itu semua, pastinya akan banyak kendala-kendala yang dihadapi mulai dari jaringan dan kuota. Salain itu, mahasiswa juga dituntut untuk sistem unggah tugas/ujian pada sitem yang sudah disediakan.

Menyoal sistem, kata Arif, sebetulnya program dan niat kampus itu bagus, terintegrasi dalam satu sistem, yang dinamakan Siakad, akan tetapi disitu juga dinilai akan banyak merugikan mahasiswa dan kurang toleransi terhadap setiap mahaiswa.

"Hal ini yang disebut mengancam mahasiswa, mahasiswa dituntut untuk sempurna namun fasilitas dan kebijakan yang disuguhkan tidak lah sempurna," tegas Arif yang juga merupakan salah satu aktivis kemanusiaan.

Selain mahasiswa, menurutnya, Dosen pun bisa juga bermasalah secara psikologis dikarenakan sehari-harinya mereka mengajar dan beraktivitas di kampus. "Tapi sekarang harus drop, tidak ke kampus dan hanya dirumah aja. Bisa jadi, jenuh dan gelisah. Bila mengajar daring pun, pastinya tidak optimal," ungkapnya.

Sebagai insan akademis, tentunya solusi terbaik yang harus disiapkan oleh kampus adalah yang dapat menjaga ketertiban dan pembelajaran kepada mahasiswanya.

Disamping itu, dosen dan perguruan tinggi juga harus dapat menyunguhkan fasilitas yang dapat menunjang pembelajaran di tengah wabah virus corona, sehingga tidak akan tercipta keluhan dan protes mahasiswa untuk menuntut keadilan dari kampus.

"Jadi, hikmah terbesar adalah ilmu dan pengetahuan itu tidak ada yang aneh, tidak ada yang stagnan. Ilmu selalu berdinamika, selalu ada yang baru. Maka mahasiswa dan perguruan tinggi di tantang oleh wabah virus corona untuk lebih inovatif dan kreatif, bukan sebaliknya," kata Arif.

Hikmah lainnya, wabah virus corona termasuk momentum untuk 'Berpikir Jernih' tentang kebijakan 'Merdeka Belajar' cetus Mendikbud Nadiem Makarim. Sebuah perubahan paradigma pendidikan yang fundamental diharapkan kampus dapat menjadi lebih otonom dengan kultur pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan fleksibel.

"Bahwa setiap perguruan tinggi punya kebebasan untuk meramu kurikulum sesuai dengan visi dan misi-nya. Hingga saat nanti, kuliah atau belajar jadi kegiatan yang asik dan menggembirakan. Bukan beban untuk siapapun dan atas alasan apapun," sebutnya. (***)

KOMENTAR

BLOGGER

JAKARTA


HUKUM

Nama

Aceh #Tenggelam Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singgkil Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Asahan Badak Banten Bakti Sosial Bali Balikpapan Banda Aceh Bandar Lampung Bandung Banjar Banjir Banten Banteng Banyumas Batu Bekasi Bencana Alam Berita Pilihan Berita Utama Bhayangkari Bireun BNN BNPT Bogor Boyolali BPJS BRI Budaya Catatan Redaksi Ciamis Cilacap Cilegon Daerah Danau Paris Dandim Demo Demokrat Depok Desa DPDRI Ekonomi Foto Foto Video Garut Gaya Hidup Gayahidup Gayo Lues Gemar Gunung Meriah Hadline Hankam Headliene Headline Headline. HeadlineTNI Hiburan HSN Hukum HUT Bhayangkara HUT RI Idul Adha Ikan Indro Tjahyono Info Covid-19 Infrakstruktur Infrastruktur Insfrastrktur Insfrastruktur Intelijen Internasional Iternasional Jakarta Jalan Jalan Macet Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Tengah TNI Jawa Timur Jayapura Jepang Jerusalem Joneponto Jumat Bersih Kalimantan Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Kappija Karya Bakti Katingan KCK Kebakaran Kebudayaan Kebumen KEDIRI Kedsehatan Kejaksaan Negeri Aceh Singkil Kemanunggalan Kemendes Kementan Kendari Kerawang Kesehatan KIP Aceh Singkil Kolaka Komsos Komunikasi Sosial Konawe Selatan Kontruksi Korban Konflik Korea Selatan Korupsi Kota Tebing Tinggi Kotim KPK KPU Ksehatan Kuala Baru Lampung Lampung Selatan Langsa Lebak Legislatif Lhokseumawe Lhoksumawe Libanon Lingkungan Lowongan Wartawan Magelang Magetan Makan Malang Maluku Manado Maroko Mataram Medan Meulaboh MTQ Mukti Jaya Nabire Nagan Raya Narkoba Nasional Nasuonal NTB Nunukan Oku Selatan Olagraga Olah Raga Olahraga Opini Organisasi Ormas Padang Palalawan Pamekasan Pandeglang Papua Papua Barat Parawisata Pasca Bencana Pasca Bencana Alam Pati Patroli Peemrintahan Pekalongan Peletakan Pemalang Pemekasan Pemerintah Pemerintah Desa Pemerintahan Penanggalan Pendididkan Pendidikan Penekanan Penghijauan Peraih Perikanan Peristiwa Peristiwa Aceh Perkebunan Pers Persit Pertama Pertanian Perustia Peternakan Pilek PKB Politik Politik Headline Polres Aceh Utara Polri Poltik Pontianak Poso PPWI Pramuka Presiden Jokowi Prestasi Profil PT Latinusa Tbk PT PLB PT Socfindo PT Socfindo Kebun Lae Butar PT.PLB PT.Socfindo Puisi Pulau Banyak Purbalingga Purbalinnga Purwokerto Purworejo PWI Rabat Ragam Rakyat Rapid Test Riau RSUD Aceh Singkil Rundeng Sanggau Semarang Sengketa Lahan Seoul Serang Sijunjung Simpang Kiri Singkawang Singkil Singkohor Sosial Sosialisasi Subulussalam Sukarejo Sulawesi Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sultan Daulat Sumatera Barat Sumatera Selatan Sumatera Utara Sumedang Sumut Surabaya Surakarta Suro Makmur Tanggerang Tasikmalaya Tebing Tinggi Tegal Terkini TMMD TNI Tobasa Tokoh Tripoli Ucapan HUT RI Ucapan Idul Fitri Ucapan Selamat Ucapan Selamat HUT KE 75 RI Unjuk Rasa Video Wisata wisata budaya Yogyakarta Yonif Raeder 301 Yonif Raeder 301/PKS Ziarah
false
ltr
item
NKRITERKINI.COM: Wabah Virus Corona, Ancaman Bagi Mahasiswa dan Perguruan Tinggi
Wabah Virus Corona, Ancaman Bagi Mahasiswa dan Perguruan Tinggi
https://3.bp.blogspot.com/-CnS30X7oew0/XrrlT_5ntsI/AAAAAAAACl0/LzYbI12s-W4inM6rtJ31TkCA4VRSvt1_QCK4BGAYYCw/s640/20200512_192406-702394.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-CnS30X7oew0/XrrlT_5ntsI/AAAAAAAACl0/LzYbI12s-W4inM6rtJ31TkCA4VRSvt1_QCK4BGAYYCw/s72-c/20200512_192406-702394.jpg
NKRITERKINI.COM
https://www.nkriterkini.com/2020/05/wabah-virus-corona-ancaman-bagi.html
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/2020/05/wabah-virus-corona-ancaman-bagi.html
true
6142316263983909778
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy