Di Tengah Pandemi Covid-19, Seorang Warga Lebak Sempat Tak Makan Dua Hari

NKRITERKINI.COM , LEBAK - Pandemi virus corona atau Covid-19 menghantam kondisi perekonomian warga di Negara Kesatuan Republik Indones...

NKRITERKINI.COM, LEBAK - Pandemi virus corona atau Covid-19 menghantam kondisi perekonomian warga di Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Salah satunya seperti yang dialami Asnawi (70), warga Kampung Bojongleles, Desa Bojongleles, Kecamatan Cibadak, Lebak, Banten.

Asnawi mengaku di tengah Pandemi virus corona atau Covid-19 sempat tidak makan selama dua hari. Bahkan untuk menganjal perut yang lapar, Ia memakan singkong rebus dan meminum air putih.

"Pernah ngak makan selama dua hari, untung aja ada singkong rebus dan minum air putih. Saya orang enggak punya," ujar Asnawi saat ditemui Nkriterkini.com dikediamannya, Minggu (7/6/2020) kemarin.

Asnawi hanyalah seorang pekerja serabutan dan semenjak wabah virus corona atau Covid-19 melanda Lebak, Banten, ternyata berdampak serius terhadap ekonomi Asnawi. Apalagi seiring dengan adanya kebijakan pemerintah agar warganya berada di rumah aja.

Wajah Asnawi sesekali terlihat sempat murung yang diakibatkan menahan rasa sakit di perut akibat sering kelaparan karena tidak makan.

Tidak hanya itu, sambil menitikan air mata, Asnawi juga mengungkapkan bahwa untuk membeli beras dirinya juga sudah tidak mampu. Ia juga sangat berharap adanya uluran tangan dari darmawan ataupun relawan untuk menutup pilu yang dia rasakan saat ini.

Sesekali, emosi Asnawi juga terlihat membuncar, dia juga meluapkan protes kesal terhadap apa yang terjadi saat ini. Otaknya seperti membeku ketika mengingat kondisi ekonomi. Menurutnya, peluang dirinya untuk bekerja pun semakin sempit dan asa untuk menggengam rupiah pun seperti mitos.

"Saya kerja serabutan, ini juga kalau ada, kalau enggak ada mah sudah menganggur dan kembali hanya mengandalkan uluran tangan dari tetetangga, karena kondisi tenaga saya yang sudah mulai renta,'' tutur Asnawi seraya meneteskan air mata.

Sambil menghirup napas panjang, dimana saat itu, Mata Asnawi juga terlihat penuh curiga agar tidak tertular virus corona. Saat ini Asnawi juga hanya bisa pasrah kepada Allah SWT dengan musibah dan misteri di hari esok.

Dalam kesempatan itu, Asnawi juga menyebutkan jika dirinya memiliki tujuh orang anak. Akan tetapi, lanjutnya, nasib ketujuh anaknya juga mengalami hal yang sama kondisinya juga tidak begitu baik secara ekonomi, sehingga dirinya juga tidak berani untuk mengadu nasib yang menimpanya kepada anak-anaknya.

Sementara itu, Saepulah (34), selaku anak pertama Asnawi yang saat ini tinggal di Desa Tambak Baya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten membenarkan kondisi yang dialami orang tuanya saat ini.

Ia menjelaskan sejauh ini, dirinya juga sering datang untuk menjenguk kondisi orang tuanya (Asnawi) yang sudah tua dan sakit-sakitan bahkan kondisi perekonomiannya juga tidak menentu.

"Ya, Saya sering datang melihat kondisi orang tua saya yang saat ini kondisinya sering sakit-sakitan," ujar Saepulah.

Diungkapkannya, bahwa selama 13 tahun orang tuanya tinggal di Bojongleles tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah Kabupaten Lebak.

Saepulah juga menjelaskan, sebelumnya Ia sudah pernah mengajukan agar orang tuanys mempunyai e-KTP di Bojongleles. Namun, lanjutnya, sampai sekarang orang tuanya masih berdomisili di Desa Tambak Baya.

Saepulah menyebut bapaknya belakangan ini mulai sering pesakitan. "Mungkin karena faktor usia, jarang makan nasi dan jarang mendapatkan asupan vitamin," jelasnya.

Keberadaan Asnawi berawal dari informasi berita baksos yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Labak, pada Kamis 21 Mei 2020 lalu.

Waktu itu, kata Saepulah, orangnya tersebut menceritakan tentang kondisi ekonominya dan sempat tidak makan selama dua hari lantaran tidak mampu lagi untuk membeli beras.

Menurut Saefulah, Ayahnya juga pernah tinggal di Tambak Baya, namun dikarenakan istri Asnawi yang tidak lain Ibu kandung Saefulah meninggal 13 tahun yang lalu, akhirnya Asnawi kembali ke Bojongleles.

Saepulah juga tidak memungkiri bahwa orang tuanya selama ini kerap kali mengandalkan bantuan dari tetangga terdekatnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Lebak, Didin Nurohman mengaku sangat perihatin atas keadaan yang menimpa Asnawi, yang tinggal di Kampung Bojongleles, Desa Bojongleles, Kecamatan Cibadak.

Didin juga menyebutkan bahwa pihaknya akan mendorong agar pemkab Lebak segera hadir untuk membantu meringankan beban hidup yang dialami Asnawi.

Menurut Didin, melihat dari kondisi foto yang tersebar di WhatsApp jelas sangat memperihatinkan dan sudah selayaknya mendapatkan bantuan dari Pemerintah.

"Saya meminta Dinas Sosial agar segera berkomunikasi dengan Desa setempat untuk mengidentifikasi apa yang menjadi persoalan kenapa warga tersebut tidak mendapatkan bantuan. Pokonya saya akan berusaha agar Pak Asnawi bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah," tegas Ketua DPRD Lebak. (AS/***)

JAKARTA


HUKUM

Nama

Aceh #Tenggelam Aceh Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singgkil Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agama Asahan Badak Banten Bakti Sosial Bali Balikpapan Banda Aceh Bandar Lampung Bandung Banjar Banjir Banten Banteng Banyumas Batu Bekasi Bencana Alam Berita Pilihan Berita Utama Bhayangkari Bireun BNN BNPT Bogor Boyolali BPJS BRI Budaya Catatan Redaksi Ciamis Cilacap Cilegon Daerah Danau Paris Dandim Demo Demokrat Depok Desa DPDRI Ekonomi Foto Foto Video Garut Gaya Hidup Gayahidup Gayo Lues Gemar Gunung Meriah Hadline Hankam Headliene Headline Headline. HeadlineTNI Hiburan HSN Hukum HUT Bhayangkara HUT RI Idul Adha Ikan Indro Tjahyono Info Covid-19 Infrakstruktur Infrastruktur Insfrastrktur Insfrastruktur Intelijen Internasional Iternasional Jakarta Jalan Jalan Macet Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Tengah TNI Jawa Timur Jayapura Jepang Jerusalem Joneponto Jumat Bersih Kalimantan Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Kappija Karya Bakti Katingan KCK Kebakaran Kebudayaan Kebumen KEDIRI Kedsehatan Kejaksaan Negeri Aceh Singkil Kemanunggalan Kemendes Kementan Kendari Kerawang Kesehatan KIP Aceh Singkil Kolaka Komsos Komunikasi Sosial Konawe Selatan Kontruksi Korban Konflik Korea Selatan Korupsi Kota Tebing Tinggi Kotim KPK KPU Ksehatan Kuala Baru Lampung Lampung Selatan Langsa Lebak Legislatif Lhokseumawe Lhoksumawe Libanon Lingkungan Lowongan Wartawan Magelang Magetan Makan Malang Maluku Manado Maroko Mataram Medan Meulaboh MTQ Mukti Jaya Nabire Nagan Raya Narkoba Nasional Nasuonal NTB Nunukan Oku Selatan Olagraga Olah Raga Olahraga Opini Organisasi Ormas Padang Palalawan Pamekasan Pandeglang Papua Papua Barat Parawisata Pasca Bencana Pasca Bencana Alam Pati Patroli Peemrintahan Pekalongan Peletakan Pemalang Pemekasan Pemerintah Pemerintah Desa Pemerintahan Penanggalan Pendididkan Pendidikan Penekanan Penghijauan Peraih Perikanan Peristiwa Peristiwa Aceh Perkebunan Pers Persit Pertama Pertanian Perustia Peternakan Pilek PKB Politik Politik Headline Polres Aceh Utara Polri Poltik Pontianak Poso PPWI Pramuka Presiden Jokowi Prestasi Profil PT Latinusa Tbk PT PLB PT Socfindo PT Socfindo Kebun Lae Butar PT.PLB PT.Socfindo Puisi Pulau Banyak Purbalingga Purbalinnga Purwokerto Purworejo PWI Rabat Ragam Rakyat Rapid Test Riau RSUD Aceh Singkil Rundeng Sanggau Semarang Sengketa Lahan Seoul Serang Sijunjung Simpang Kiri Singkawang Singkil Singkohor Sosial Sosialisasi Subulussalam Sukarejo Sulawesi Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sultan Daulat Sumatera Barat Sumatera Selatan Sumatera Utara Sumedang Sumut Surabaya Surakarta Suro Makmur Tanggerang Tasikmalaya Tebing Tinggi Tegal Terkini TMMD TNI Tobasa Tokoh Tripoli Ucapan HUT RI Ucapan Idul Fitri Ucapan Selamat Ucapan Selamat HUT KE 75 RI Unjuk Rasa Video Wisata wisata budaya Yogyakarta Yonif Raeder 301 Yonif Raeder 301/PKS Ziarah
false
ltr
item
NKRITERKINI.COM: Di Tengah Pandemi Covid-19, Seorang Warga Lebak Sempat Tak Makan Dua Hari
Di Tengah Pandemi Covid-19, Seorang Warga Lebak Sempat Tak Makan Dua Hari
https://2.bp.blogspot.com/-tYiODbo9tfQ/Xt5hjcOMw1I/AAAAAAAAC-I/LkzEl5xd9D01hm1jPeRVCVA44XvFFAcdACK4BGAYYCw/s640/20200608_225650-768297.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-tYiODbo9tfQ/Xt5hjcOMw1I/AAAAAAAAC-I/LkzEl5xd9D01hm1jPeRVCVA44XvFFAcdACK4BGAYYCw/s72-c/20200608_225650-768297.jpg
NKRITERKINI.COM
https://www.nkriterkini.com/2020/06/di-tengah-pandemi-covid-19-seorang.html
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/
https://www.nkriterkini.com/2020/06/di-tengah-pandemi-covid-19-seorang.html
true
6142316263983909778
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy